Buka Seminar Nasional di Kampus STKAIP IWN, Begini Kata Sekda SBT

by
Plh Sekda Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu (tengah) membuka seminar nasional inovasi pendidikan dan pembelajaran, yang digelar Kampus STKIP Ita Wotu Nusa, di Aula Kantor Kemenag SBT, pada Senin (28/6/2021). FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA-Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu, membuka seminar nasional inovasi pendidikan dan pembelajaran, yang digelar Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa, di Aula Kantor Kementrian Agama (Kemenag) SBT, pada Senin (28/6/2021).

Hadir dalam seminar nasional itu, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT Sidik Rumalowak, perwakilan guru-guru se Kecamatan Bula, dosen dan peserta seminar nasional.

Sementara narasumber dihadirkan, Prof. Dr. I Wenno, Dekan FKIP Universitas Pattimura Ambon, Dr. Suhartono, Dosen dari Universitas Surabaya, Dr. Fitri Amiliah, Dosen Universitas Muhamadiyah Jember.

Menurut Sekda, seminar nasional dengan tema “pendidikan dan pembelajaran berbasisi kearifan lokal memasuki era kelimpahan” ini merupakan sebua inovasi yang cukup bagus. Karena terkait dengan pengembangan pendidikan generasi muda ke depannya sehingga perlu ada inovasi atau ide baru.

“Karen seminar itu sangat penting sekali. Olehnya Pemda mengapresiasi kegiatan seminar Nasional yang dilaksanakan STKIP Ita Wotu Nusa. Sebab, menjadi sebuah langkah maju untuk sekolah tinggi di SBT.” kata Sekda kepada Terasmaluku.com usai membuka seminar.

Mewakili Pemda SBT kata Sekda, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran yang kondusif, sehingga dapat diperolah hasil yang maksimal. Bagi Sekda kegiatan serupa harus dilakukan semua perguruan tinggi di SBT.

“Karena ini merupakan langkah maju menuju Sumber Daya MAnusia (SDM) SBT yang baik. Ada semianar ini memberikan pemahaman bagi generasi muda yang mengikuti pendidikan pada perguruan tinggi di SBT. Terutama di STKIP IWN. Yang lain juga harus aktif melakukan hal serupa, karena itu penting,” kata Sekda.

Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak mengatakan, dengan seminar nasional yang pembicaraannya merucut pada kearifan lokal.

Maka pihaknya akan melibatkan Kampus STKIP IWN dengan Universitas Pattimura dan tim dari Balai Balai Bahasa Provinsi Maluku untuk melakukan penelitian tentang bahasa daearh SBT.

“Dinas teknis sangat berikan apresiasi. Kita akan dilibatkan dengan semua pihak untuk meneliti bahasa daerah dan Kampus STKIP IWN akan hadir bersama pihak-pihak yang diundang sama-sama melakukan penelitian bahasa daerah SBT,” kata Sidik. (Sofyan)