Bulog Divre Maluku Siap Salurkan Bansos Rastra 2019

by
Kadivre Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara, Arif Mandu

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Devisi Regional (Divre) Perum Bulog Wilayah Maluku dan Maluku Utara (Malut) siap menyalurkan bantuan sosial (Bansos) subsidi beras sejahtera (Rastra) tahun 2019 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Maluku. Rencananya penyaluran bantuan program ini  akan dilakukan mulai akhir Februari hingga April 2019 ini.

“Kementerian Sosial sudah menetapkan jumlah pagu (alokasi) penerima bantuan Bansos Rastra untuk wilayah tugas Divre Maluku dan Malut. Dan kami sudah siap menyalurkan bantuan untuk tahun 2019. Khusus untuk Maluku penyaluran dilakukan setelah kami rapat koordinasi dengan Dinas Sosial Maluku 20 Februari ini,” kata Kepala Divre Maluku Malut Arif Mandu di ruang kerja, Senin (11/2/2019).

Arif mengatakan jumlah pagu KPM Bansos Rastra di Maluku tahun ini berkurang tinggal sekitar 109.604 kepala keluarga (KK).  Itu karena Kota Ambon dan Kota Tual sejak Oktober 2018, bantuan tersebut dialihkan dengan progam Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sementara untuk sembilan kabupaten lainnya di Maluku masih berupa Bansos Rastra.

“Tinggal sembilan kabupaten yang kita layani penyaluran program Bansos Rastra. Dan itu pun sesuai surat perintah penyaluran dari Kemsos hanya sampai April, setelah kemungkinan akan beralih ke program BPNT,” kata Arif.

Arif menjelaskan setelah April  rencananya Bansos Rastra di sembilan kabupaten se Maluku akan dialihkan ke BPNT. Namun itu bisa dilakukan jika di daerah-dearah tersebut sudah memiliki infrasutruk yang memadai termasuk alat geset di setiap desa.

Karena sistimnya setiap KMP akan mendapat kartu berisi voucher dari Kemensos. Dan kartu tersebut akan digesek  saat pengambilan beras di tempat pengambilan yang ada pada setiap desa.“Persoalanya apakah semua desa di Maluku yang merupakan daerah kepulauan sudah memiliki infrastruktur seperti alat geset dan juga layanan perbankan. Kalau daerah yang belum memiliki tentu akan ditunda pengalihan dari Bansos Rastra ke BPNT,” kata Arif.

Arif juga mengatakan Bulog Divre Maluku siap melayani penyaluran program tersebut meski diakuinya penyaluran BPNT tidak mutlak dilakukan Bulog. “Kami siap melayani penyaluran program BPNT. Dan harapan kami agar penyaluran BPNT dilakukan oleh Bulog sehingga harga beras bisa terkontrol, karena harga di pasaran kan fluktuatif, kalau Bulog harganya standar sesuai yang ditetapkan,” kata Arif (ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *