Bupati Buru Blusukan ke Pemukiman Kumuh, Rumah Warga Dibedah

by
Bupati Buru Ramly Umasugi saat mengunjungi pemukiman kumuh di Desa Ubung Kec.Liliyali

AMBON-Bupati Buru Ramly Umasugi, mengunjungi pemukiman kumuh di Desa Ubung Kecamatan Liliyali Kabupaten Buru, Senin  (18/7). Ramly blusukan ke lokasi ini secara tiba-tiba. Usai meresmikan pembangunan  Gedung SMPN 40 di desa ini, mobil dinas yang ditumpangi Ramly langsung berbalik arah  menuju kawasan pemukiman ini.

Ia masuk ke luar rumah melihat kondisi rumah warga. Ramly pun tergugah saat melihat kondisi warganya yang tinggal di rumah – rumah tak layak huni itu. Rumah – rumah tersebut ada yang tidak memiliki aliran listrik. Diantaranya, rumah gubuk milik Ny, Na. Saat itu juga, Ramly meminta  Kepala Dinas  Sosial Buru, Majid Umaternate segera membedah rumah ibu tiga orang anak ini.

Tak  lama berselang, kendaraan roda empat datang menurunkan sejumlah bahan bangunan rumah dan langsung membedah rumah itu.   Selain rumah Ny. Na, Ramly juga memerintahkan agar rumah-rumah di kawasan  ini dibedah, dibangun ulang agar layak dihuni.
Ramly menyatakan,  ada 45 unit rumah tidak layak huni di wilayahnya akan dibedah.Program bedah rumah ini   didanai  ABPD II Buru tahun 2016. “Rumah warga  yang masuk program bedah rumah  sudah diseleksi, program ini dilakukan agar warga dapat menempati rumah yang layak sehingga kehidupan mereka lebih baik lagi,” kata Ramly.

Bupati  juga menyatakan,  tahun 2016 ada bantuan 300 unit rumah dari Kementrian Sosial, Kementrian PU dan Perumahan Rakyat bagi warga kurang mampu di Buru.  ADI