Bupati Buru Buka TMMD Untuk Sejahterakan Warga Pedesaan

by
Bupati Buru Ramly Umasugi membuka pelaksanaan TMMD ke 99 Tahun 2017 di Desa Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru pada Selasa (4/7) dengan menyerahkan pacul kepada peserta. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,NAMLEA-Bupati Buru Ramly Umasugi membuka secara resmi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 Tahun 2017, yang berlangsung di Desa Pela Kecamatan Batabual  Kabupaten Buru pada  Selasa (4/7). Pelaksanaan berupa kegiatan fisik maupun non fisik.

Kegiatan TMMD ke-99 di wilayah Kodim 1506 Namlea kali ini bertemakan dengan semangat kemanunggalan TNI, Polri, Kementeriaan LPNK, Pemerintahan Daerah dan Kelurahan Serta Komponen Bangsa Lainnya, Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan.

Dalam keterangan pers Penerangan Korem 151 Binaiya yang diterima Terasmaluku.com, menyebutkan  kegiatan fisik terdiri dari pembangunan Taman Pengajian Alquran (TPQ) di Desa Pela. Perluasan mesjid, teras mesjid, tempat wudhu dan pemasangan keramik di Desa Batu Juku.

Sedangkan di Desa Waemorat yaitu renovasi mesjid dan pembuatan drainase sepanjang 50 meter. Untuk kegiatan non fisik terdiri dari penyuluhan tentang kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, kesadaran berbangsa dan bernegara, pengetahuan bencana alam dan bahaya proxywar.

Kegiatan tersebut melibatkan satu satuan setingkat kompi 1 SSK gabungan yang terdiri dari Kodim Namlea, Batalyon Infanteri Yonif 731 Kabaresi, Polres Buru, Brimob, personel TNI AU Namlea, serta masyarakat tiap-tiap desa yang menjadi sasaran kegiatan TMMD.

Bupati mengatakan, program TMMD ini adalah kelanjutan program ABRI Masuk Desa (AMD) yang telah dimulai sejak tahun 1980. Selama 37 tahun program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI dan Lembaga Pemerintahan/Kementerian, non kementerian dan lembaga masyarakat telah menghasilkan pencapaian yang sanagat besar di seluruh pelosok tanah air.

“Syukur alhamdulillah TMMD telah secara berkesinambungan membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Bupati  Ramly Umasugi.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 1506/ Namlea Letkol Kav Sindhu Hanggara, Kapolres pulau Buru AKBP Leo S.M Simatupang, Ketua DPRD Pulau Buru, Danki Kipan A Yonif 731/KBR, Kepala Desa se Kecamatan  Batabual. (IAN)