Bupati Buru Hadiri Tradisi Bakar Damar Malam Tujuh Likur

Bupati Buru Hadiri Tradisi Bakar Damar Malam Tujuh Likur

SHARE
Bupati Buru Ramly Umasugi membakar damar dalam Tradisi menyambut malam Tujuh Likur 27 Ramadhan di Lapangan Pattimura Kota Namlea, Senin (11/6/2018). FOTO : HUMAS PEMKAB BURU

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Bertepatan dengan hari ke 26 puasa di Bulan Ramadhan, menjelang malam puasa hari ke 27 atau yang lebih dikenal dengan  malam Tujuh Likur, sudah menjadi tradisi di beberapa desa, masyarakat Kabupaten Buru mengadakan kegiatan Bakar Damar.

Tradisi Bakar Damar ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru di Lapangan Pattimura Kota Namlea, Kabupaten Buru, Senin (11/6/2018) petang. Kegiatan Bakar Damar dihadiri  langsung Bupati Buru Ramly Umasugi, unsur pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Dandim 1506 Namlea serta Rektor Universitas IQRA Buru.

Selain di Lapangan Pattimura, tradisi Bakar Damar ini juga dilakukan masyarakat desa di  jalan-jalan menuju rumah meraka masing masing. Bupati mengatakan, tradisi ini untuk menyemarakan Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah. Pemkab Buru juga menurut Bupati menggelar kegiatan lainnya selama Ramadhan. Yakni Safari Ramadhan dan buka puasa bersama dengan masyarakay yang digelar di sejumlah lokasi.

“Kegiatan ini merupakan ritual masyarakat Buru, dan juga untuk  menyemarakkan bulan suci ramadhan tahun ini. Masyarakat juga akan menggantungkan hadiah di pohon-pohon di depan rumah yang akan diperebutkan oleh anak anak,” kata Bupati. (ADV)

loading...