Bupati Buru Hadiri Tradisi Unik, Interogasi Jenazah Sebelum Dikubur

by
Ritual Nika Geba Olong, untuk mengetahui penyebab kematian sebelum memakamkan jenazah. FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Orang Toraja punya tradisi unik Rambu Solo dalam pemakaman jenazah. Bali terkenal dengan tradisi Ngaben yang sarat makna dengan serangkaian ritual. Keunikan di tiap daerah itu mencerminkan budaya dan kearifan lokal yang kaya.

Di Pulau Buru, tepatnya warga Desa Humrey Kecamatan Lolong Guba Kabupaten Buru, punya ritual unik sebelum memakamkan jenazah. Umumnya usai dimandikan dan disiapkan jenazah untuk dikuburkan. Namun bagi warga Humrey sebelum dimakamkan, jenazah harus diinterogasi. Keluarga dan warga melakukan ritual untuk menginterogasi penyebab kematiannya. “Nanti tanya ke arwahnya dia mati karena apa,” jelas salah seorang warga Desa Humrey.

BACA JUGA : Bupati-Wakil Bupati Buru Kunjungi Warga Adat Wanfudiman

Tradisi itu disebut Nika Geba Olong. Keluarga atau pemuka adat setempat mengambil sepotong rambut jenazah lalu diikat dan dimasukan di dalam kain gendongan. Tak ketinggalan kemenyan serta sirih pinang yang dibakar untuk memanggil arwah atau roh orang yang meninggal masuk ke dalam rambut.“Dua orang yang pikol kain saling membelakangi. Nanti arwahnya yang kasi gerak,”jelas Robi Nurlatu, seorang warga asal Desa Humrey.

Dua batang pohon muda ditempatkan pada masing masing sisi. Bila kedua orang berjalan maju atau menuju arah depan maka penyebab kematian wajar. Seperti sakit atau karena sudah waktunya. Sebaliknya bila berjalan mundur itu berarti kematiannya tidak wajar. Seperti diguna-guna atau dijahati dengan kuasa gelap. Tradisi Nika Geba Olong ini masih dipertahankan hingga kini.

Tradisi ini diperagakan warga adat Humrey saat Bupati Buru Ramly Umasugi, Wakil Bupati Buru Amustofa Besan, pejabat Kementerian Sosial RI dan Duta KAT Indonesia yang juga anggota DPR RI Krisna Mukti, berkunjung ke desa itu, Kamis 19 April 2018. Peragaan tradisi ini mengundang perhatian Bupati dan rombongan. Bila ada yang meninggal jenazahnya bakal diinterogasi dengan cara unik. Usai itu barulah jenazah dimakamkan.(BIR)