Bupati Malteng Bangun Hunian Khusus yang Rusak Berat

by
Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal bakal data jumlah rumah rusak berat untuk bantuan pembangunan (1/10). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Bupati Maluku Tengah (Malteng), Abua Tuasikal, Selasa (1/10/2019) siang mengunjungi posko penanggulangan gempa di Desa Liang. Dalam kunjungannya itu dia menyatakan akan membangun hunian sementara bagi warga yang kondisi rumahnya hancur parah.

Dari data di sementara di lapangan, ada ribuan unit rumah hancur parah hingga rata dengan tanah. Di Desa Liang saja lebih dari 500 unit rumah yang masuk kategori rusak parah. Itupun masih data sementara.

“Rumah rumah rusak berat di Liang ada 600 lebih unit. Itu baru yang rusak berat, belum ringan. Yang paleng parah ini di Liang,” jelas Abua kepada wartawan.

Salah satu rumah rata dengan tenah di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah

Rencana pembangunan hunian sementara itu bakal digarap secepatnya. Untuk itu dia meminta agar warga mulai kembali ke rumah masing-masing.

loading...

Nantinya pemerintah akan mendata warga untuk memastikan bantuan hunian sementara tepat sasaran. Sedangkan jumlah rumah yang rusak ringan akibat gempa hingga kini belum ada data pasti.

Soal skema pembangunan, kata Abua, akan bekerja sema dengan sejumlah pihak. “Kita akan coba dnegan pemerintah pusat, kementrian sosial, PUPR atau pemerintah daerah untuk pembangunan hunian sementara warga,” jelasnya.

Sedangkan untuk rumah rusak ringan, masih terus dilakukan pendataan di sejumlah negeri di Maluku Tengah. sejak gempa hari kedua, pemkab sudah turun ke sejumlah negeri untuk memastikan distribusi bantuan sampai ke warga.

Dalam waktu dekat pemkab Malteng akan mengupayakan pembangunan itu disegerakan dalam sebulan ke depan. Namun dengan catatan, warga mulai kembali ke rumah mereka agar memudahkan validasi data penerima bantuan. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *