Bupati Malteng Janji Temui Warga Tulehu Usai Aksi Blokir Jalan

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Ratusan warga Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah sempat memblokir jalan utama menuju kantor kecamatan setempat siang tadi (21/10/2019). Warga menggunakan batu, kayu dan kardus air mineral.

Blokade itu dilatari kekecewaan warga akibat belum dilantiknya Raja Negeri Tulehu, Urian Ohorella. Urian merupakan raja terpilih yang telah dilantik secara adat. Namun warga menanti pelantikan raja negeri oleh Bupati Malteng, Abua Tuasikal. Mereka pun mendesak agar pelantikan itu disegerakan.

Konisi jalan depan kantor kecamatan sempat memanas akibat emosi warga. Namun pemblokiran selama sekitar satu jam lebih itu akhirnya usai setelah upaya mediasi yang dilakukan pihak kepolosian bersama warga dan pejabat kecamatan.

“Kami sudah turun dan lakukan mediasi dengan pihak terkait. Pak camat juga warga. Mereka bersedia untuk buka blokir,” ucap Kapolsek Salahutu, AKP. I. Risambessy, siang tadi (21/10/2019).

Loading...

Saat mediasi, camat setempat menghubungi langsung Bupati Maltmeng terkait kondisi negeri dan permintaan warga.

Menurut Risambessy, Tuasikal akhirnya menyanggupi untuk datang dan bertemu warga. Tuasikal juga meminta warga Tulehu agar lebih bersabar menunggu pelantikan raja.

Setelah ada kesepakatan dengan warga, mereka lantas membubarkan diri. Lalu lintas jalan kembali seperti sedia kala.“Mereka bubarkan diri dan bersedia buka blokir,” terangnya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *