Bupati MTB Janjikan BOSDA Dan BPJS Kesehatan Bagi Warga

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Persoalan kemiskinan bukanlah tugas satu dua tahun, namun berkelanjutan dan menyasar berbagai sektor. Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Petrus Fatlolon, tengah mengupayakan penurunan angka kemiskinan di wilayahnya melalui berbagai sektor, diantaranya pendidikam dan kesehatan.

Saat berada di Ambon, Jumat (18/5/2018), Bupati Petrus menyatakan pemerintahannya yang akan genap setahun ini bakal berfokus pada pengembangan kesejahteraan warga di MTB. “Paling fokus terutama dalam rangka menurunkan tingkat kemiskinan. Tidak terasa sudah mau setahun tentu masih banyak yang perlu dituntaskan,” ujarnya.

Sejak dilantik pada 22 Mei 2017, amanat jabatan yang ditanggung bermuara pada kondisi kemiskinan.
Indikator kesejahteraan warga tentu beragam. Pihaknya melakukan perencanaan pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah rampung. Salah satunya di bidang pendidikan.

Bupati juga mengungkapkan, Pemerintah Daerah (Pemda) MTB bakal mengupayakan subsidi pendidikan bagi warga. Selain program BOS dari pusat, pihaknya bakal membuat BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah). “Cara ini untuk memajukan pendidikan di daerah kami. Jadi masyarakat bisa merasakan kemudahan akses pendidikan,” jelas Bupati Bumi Duan Lolat itu.

Sementara untuk kesehatan, pihaknya bakal menganggarkan biaya khusus untuk mendaftarkan masyarakat ikut BPJS Kesehatan. Dana tersebut untuk meng-cover biaya kesehatan masyarakat MTB. Dengan begitu Pemda dapat langsung membiayai yang sakit tanpa membebani masyarakat. Mulai dari fasilitas kesehatan (Faskes) primper seperti Puskesmas maupun Faskes tipe C-A yaitu rumah sakit. “Upaya ini membuktikan adanya perhatian pemda dalam mendukung kemajuan kualitas hidup masyarakat dan mengeluarkan MTB dari keterpurukan,” harapnya. (UAD)