Bupati SBB Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Pelabuhan Ferry Waipirit

by
Petugas Kesehatan Kabupaten SBB melakukan penyemprotan disinfektan di Kapal Ferry yang sandar di Pelabuhan Waipirit Kabupaten SBB, Jumat (20/3/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 terus dilakukan pemerintah daerah di Maluku. Diantara Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan melakukan penyemprotan disinfektan di Pelabuhan Ferry Waipirit, Jumat (20/3/2020). Pelabuhan Waipirit merupakan salah satu pintu masuk ke Kabupaten SBB lewat laut dari Kota Ambon.

Bupati SBB M. Yasin Payapo memantau penyemptoran disinfektan di kapal ferry Pelabuhan Waipiri, Jumat (20/3/2020).

Penyemprotan disinfektan ini dipimpin langsung Bupati SBB M. Yasin Payapo, didampingi Kapolres SBB, AKBP Bayu Tarida Butar Butar, Sekda SBB Mansur Tuharea. Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman.

Loading...

Petugas Dinas Kesehatan SBB menyemprot disinfektan mulai dari Dermaga Fery Waipirit hingga ke dalam kapal Ferry. Bupati dan Kapolres SBB memantau langsung penyemprotan tersebut, dan memberikan semangat kepada petugas yang melakukan penyemprotan disinfektan.

Bupati mengatakan penyemprotan disinfektan ini merupakan salah upaya yang dilakukan pihaknya untuk mencegah virus corona masuk ke Kabupaten SBB. Apalagi Pelabuhan Ferry menjadi pintu masuk jaur laut ke tiga kabupaten yakni SBB, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Kita terus lakukan langkah-langkah pencegahan agar virus corona tidak menyebar ke Kabupaten SBB, seperti penyempotan disinfektan di pelabuhan dan kapal ferry ini. Kita juga mensosialisasi langkah pencegahan ke masyarakat, cara menggunakan masker dan warga menjaga kebersihan,” kata Bupati.

Selain langkah-langkah tersbut menurut Bupati,  Pemkab SBB juga membuat posko pencegahan virus corona di Pelabuhan Ferry Waipurit untuk memantau setiap orang yang melakukan penyebrangan dari  Hunimua Pulau Ambon ke Waipirit dan sebaliknya.

Sementara itu Sekda SBB H.Mansur Tuharea mengatakan Pemkab akan terus aktif  melakukan tindakan pencegahan wabah covid 19 itu agar tidak masuk SBB dengan melibatkan Forkopimda. “Yang jelas pemerintah daerah tidak diam, ini adalah bencana dunia, saat ini kita harus melakukan langkah pencegahan,”  ujar Tuharea. (FADLI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *