Bursel Siap Gelar MTQ Tingkat Provinsi Pada 30 April

by
Sekda Bursel Sahrole Pawa

NAMROLE – Pemerintah Kabupaten  dan masyarakat Buru Selatan (Bursel) siap menggelar dan mensukseskan  pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Provinsi Maluku di wilayah itu pada 30 April ini.

Sekda Bursel  Sahrole Pawa,  selaku penanggung jawab Harian Panitia  MTQ  ke XXVII menyatakan,   Kabupaten Bursel sudah siap menggelar  MTQ tingkat  provinsi.  Hal ini  ditegaskan Pawa saat meninjau sejumlah lokasi utama  pelaksanaan acara puncak MTQ di depan Kantor Bupati Bursel di  Kota Namrole, Selasa (11/4).   Ia menyatakan pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar pelaksanaan MTQ tingkat provinsi itu di daerah itu berlangsung sukses.

“Pemkab Bursel saat ini terus berupaya semaksimal mungkin menyiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan MTQ, termasuk persiapan – persiapan fisik seperti, tempat pembukaan, tempat perlombaan MTQ  yang dipastikan  pada  tanggal 18 April akan rampung,“ kata  Pawa.

Menurutnya, untuk para kafilah  peserta MTQ dari kabupaten/kota se Maluku  telah diberitahukan. Kafilah  akan tiba di Namrole pada 27 April nanti.  Terkait adanya  informasi penundaan MTQ sampai dengan 15 Mei 2017 oleh pihak – pihak tertentu, menurut Pawa hal itu  merupakan kabar hoax alias bohong. “Informasi penundaan MTQ sampai 15 Mei itu merupakan kabar hoax, bohong, kami sudah siap pelaksanaan  MTQ pada 30 April ini,” katanya.

Pawa mengungkapkan, sesuai jadwal pada 27 April 2017 akan dilakukan penjemputan dewan hakim  di Bandara Namrole dan penerimaan kafilah peserta  MTQ di Pelabuhan Namrole, serta orientasi dewan hakim.

“Keesokan harinya peserta akan mengikuti technikal meeting, pengambilan nomor di Kantor Bupati.  Dan pada 29 April  akan dilakukan pawai ta’aruf di  arena utama MTQ  serta malam ta’aruf pada lokasi yang sama,” kata Pawa.

Masih menurut Pawa, pada 30 April  nanti  akan dilakukan penjemputan Gubernur Maluku Said Assagaff dan dilanjutkan dengan proses pelantikan dewan hakim di Aula Kantor Bupati. Di tanggal yang sama,  dilakukan pembukaan pameran serta dilanjutkan   pembukaan MTQ oleh gubernur di arena utama.

Sementara itu pada  1 Mei 2017, akan digelar  pembukaan Rakerda LPTQ di Aula Kantor Bupati Bursel. Perlombaan MTQ sendiri akan berlangsung  mulai  1 Mei  hingga 5 Mei.  Sementara penutupan MTQ akan berlangsung pada 7 Mei  oleh Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae.

“Selaku tuan rumah kita optimis dan siap  memberikan pelayanan yang terbaik dalam pelaksanaan ivent MTQ ke XXVII tingkat Provinsi Maluku di Bursel, dengan satu harapan berlangsung Sukses. Animo masyarakat  Bursel sangat  tinggi menyambut pelaksanaan MTQ ini, “ kata  Sekda Bursel ini. (FIK)