Bursel Tuang Rumah Rakerda Pramuka Maluku  

by
Peserta Rakerda Gerakan Pramuka Maluku Tahun berfoto bersama Sekda Bursel saat Rakerda di Aula Kantor Bupati Bursel, Sabtu (10/3).

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE –Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Maluku Tahun 2018 digelar di Kota Namrole  Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Rakerda yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Bursel ini dibuka Ketua Kwartil Gerakan Pramuka Maluku, J. Patty,  pada Jumat (9/3) dan berlangsung  hingga, Sabtu (10/3).

Patty saat  membuka Rakerda Pramuka Maluku mengungkapkan, pelaksanan Rakerda di Kabupaten Bursel dalam rangka menuntaskan konsolidasi organiasi menyongsong suksesnya pelaksanaan Munas Gerakan Pramuka Tahun 2019 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ia mengatakan, Rakerda Gerakan Pramuka Maluku ini adalah Rakerda Tahun ke empat dalam massa bakti kepengurusan Kwarda Maluku 2014 -2019 yang diselenggarakan oleh Kwarda Maluku. Menurutnya, kegiatan ini sebagai upaya mempererat hubungan timbal balik dan kerja sama antara Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku dengan Kwartir Cabang se Maluku.

“Rakerda sebagai ajang konsolidasi organiasi untuk saling memberikan informasi, dalam upaya pencapaian revitaliasi gerakan Pramuka di Maluku sekaligus persiapan seluruh Kwarcab di Maluku dalam menghadapi pelaksanaan berbagai momen kegiatan besar Keprmukaan ditingkat daerah, nasional dan internasional,” kata Patty. Ia mengharapkan  seluruh Kwarcab lebih proaktif dalam meningkatkan program kepramukaan di daerah.

Sekda Bursel Sahroel Pawa saat membacakan sambutan Bupati Bursel, Tagop S Soulisa, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Bursel menyampaikan apresiasi atas pelaksaksanaan Rakerda Pramuka Maluku di Kabupaten Bursel. “Selaku tuan rumah kita sangat bangga dengan kegiatan ini, semoga dengan pelaksanaan kegiatan Rakerda Pramuka Maluku, Bursel kedepan bisa lebih baik dalam aktivitas ke Pramukaan di tingkat daerah, nasional bahkan internasional,” kata Bupati dalam sambutan yang dibacakan Pawa.

Sementara itu dalam laporannya,  Wakil Ketua Panitia, H. Gilman Pary mengatakan, Rakerda gerakan Pramuka ini untuk mengkondisiskan kesiapan jajaran gerakan Pramuka di Maluku dalam upaya memantapkan kinerja jajaran gerakan Pramuka di Maluku dalam kaitannya dengan tindak lanjut kebijakan nasional di bidang pendidikan kepramukaan.

Peserta yang ikut Rakerda ini yakni, Andalan Daerah, Pimpinan Saka Tingkat Daerah, Dewan Kerja Daerah, Pusdiklatda, Puslitbangda, Ketua Kwarcab,Waka Kwarcab, Sekretaris Kwarcab, Ketua dan anggota DKC. Sementara itu dalam pelaksanaan Rakerda Pramuka Maluku, hasil sidang pleno menetapkan Kabupaten SBT tuan rumah Rakerda berikutnya. (FIK)