Buru Tuan Rumah MTQ Provinsi Maluku Tahun 2019

by
Ketua LPTQ Maluku Ismail Usemahu (tengah) saat memimpin pelaksanaan Rakerda LPTQ Provinsi Maluku. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

NAMROLE-KABUPATEN Buru ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII Tingkat Provinsi Maluku tahun 2019. Ini merupakan  hasil  Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Maluku yang berlangsung sehari di Kantor Bupati Buru Selatan (Bursel) Senin (1/5).

Peserta Rakerda LPTQ  Provinsi  dan  LPTQ dari  sebelas kabupaten/kota  se Maluku  sepakat  memilih Kota Namlea Kabupaten Buru, sebagai tuan rumah MTQ  karena daerah itu sangat layak dan siap menjadi tuan rumah.

“Hasil Rakerda LPTQ, semua  peserta sepakat menunjuk  Kabupaten Buru sebagai tuan rumah MTQ  ke 28 Tahun 2019,” kata Ketua LPTQ Provinsi Maluku Ismail Usemahu, Selasa (2/5). Usemahu yang juga PLT  Bupati Buru ini menyatakan, Kabupaten Buru sangat siap dan layak menjadi tuang MTQ  dua tahun mendatang.

Kabupaten Buru juga beberapa tahun sebelumnya sukses menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Maluku. Usemahu menyatakan setelah ini, LPTQ akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Buru untuk kesiapan dan persiapan tuan MTQ nanti.

Sekretaris LPTQ Provinsi Maluku Adji Muhammad menyatakan, Kabupaten Buru sebelumnya juga merupakan cadangan lokasi MTQ ke XVII Tingkat Provinsi Maluku, hasil Rakerda LPTQ Maluku saat MTQ ke XXVI  Provinsi di Kabupaten Seram Bagian Barat tahun 2015. “Itu artinya, Kabupaten Buru sudah sangat siap jadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Provinsi, apalagi daerah itu sudah pernah melaksanakan MTQ Provinsi,” kata Adji Muhammad.

Rakerda LPTQ Provinsi Maluku dibuka Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua pada Senin pagi. Sahuburua meminta perhatian khusus bagi LPTQ sebagai lembaga yang berkompeten dalam pengembangan kegiatan Tilawatil Qur’an, untuk terus berinovasi, melakukan terobos kreatif agar Maluku bisa berjaya baik pada pelaksanaan  lomba STQ  maupun  MTQ tingkat nasional.  Rakerda LPTQ ini merupakan bagian dari agenda LPTQ dalam pelaksanaan MTQ KE XXVII Tingkat  Provinsi Maluku di Bursel. (ADI)