Cegah Banjir Saat Hujan, Satgas TMMD Bangun Drainase di Kota Dobo

by

TERASMALUKU.COM,-Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 Kodim 1503/Tual yang digelar di Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Dobo memasuki hari ke-9.

Pekerjaan terfokus pada pembangunan fisik. Diantaranya pembuatan drainase di kawasan Kampung Baru, Jalan Lukas Mairering, RT 01/01 Kota Dobo, Kamis (11/3/2021). Kawasan ini kerap dilanda banjir saat turun hujan dengan intensitas tinggi.

Plh Kapenrem 151/Binaiya Lettu Inf Hairil Walid dalam kesempatan terpisah mengatakan keberadaan sistem drainase yang belum tertata dengan baik menjadi salah satu faktor penyebab banjir saat musim hujan khususnya di Kota Dobo Kepulauan Aru.

Banjir menggenangi perumahan masyarakat di daerah itu. Penyebabnya, sistem drainase yang tidak baik. Karena itu Satgas TMMD ke 11 Kodim Tual membangun sistem drainase.

“Untuk itu, dengan dilaksanakan kegiatan TMMD Ke-110 ini pembuatan saluran air (drainase), primer dan sekunder menjadi prioritas sasaran fisik Satgas TMMD di kawasan Kampung Baru, Jalan Lukas Mairering, RT 01/01, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kota Dobo sepanjang 243 Meter,” kata Walid.

Ia berharap pembangunan drainase ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan membantu pemerintah daerah dalam mempercepat proses penataan system drainase khususnya di daerah Kecamatan Pulau-pulau Aru yang menjadi Ibu Kota Dobo sekaligus beranda depan wajah Kabupaten Kepulauan Aru.

“Pembangunan drainase ini diharapkan sebagai sebagai solusi atas banjir yang selalu menjadi masalah rutin disaat musim penghujan di wilayah Kota Dobo,”jelas Plh Kapenrem Lettu Inf Hairil Walid. (ADV)