Cegah Banjir, TNI Polri di Bula Galakkan Gerakan Bersih Sungai Dan Pantai

by

UNTUK mengantisipasi bencana banjir yang pada awal Februari 2021, intensitas curah hujan cukup tinggi, respon Danramil 09/Bula Kapten Inf Pattimura Lucy Iksan menindaklanjuti perintah Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho cepat.

Danramin melakukan kegiatan sinergitas TNI bersama Polri, Komonitas Gumame Fofo Club serta warga masyarakat bersatu padu membersihkan sungai dari sampah, Selasa (2/2/2021).

Loading…

Tindakan ini untuk mencegah bencana banjir akibat tersumbatnya aliran sungai karena tumpukan sampah. “Kami bersama Polri dan masyarakat mengoptimalkan gerakan bersih bersih sungai,’’ ujar Danramil Bula Kapten Inf Pattimura Lucy Iksan.

Langkah tersebut sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan dan kebersihan sungai dan pantai dari berbagai jenis sampah sekaligus untuk mencegah terjadinya bencana banjir.

Gerakan ini pun merupakan bagian dari program Kab Seram Bagian Timur yakni gerakan Jumat bersih (Jumsih) untuk membantu pemerintah Daerah dalam memperoleh Adipura di Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.

Lokasi pembersihan sampah di sungai dan pantai ini tepatnya di aliran Sungai dan Pantai Pasar Baru. Tempat ini sebelumnya pernah terjadi bencana banjir yang berdampak pada permukiman warga pada beberapa waktu lalu. Sebabnya tumpukan berbagai jenis sampah yang ada di sungai tersebut dapat diangkat dan dibersihkan.

“Gerakan ini ditargetkan mampu memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat lainnya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan sungai. Kami juga minta warga tidak membuang sampah sembarangan ke sungai dan selokan,” kata Danramil.

Gerakan bersih sungai lanjutan akan dikoordinasikan dengan sejumlah instansi terkait lainnya. Yakni Dinas PU dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seram Bagian Timur. “Prioritasnya aliran sungai yang mengalami pendangkalan akibat banyaknya tumpukan berbagai jenis sampah,” jelas Danramil. (ADV)