Cegah Corona, Masyarakat SBB Dihimbau Shalat Tarawih di Rumah 

by
surat himbauan. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Umat Islam di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diminta untuk melaksananan Shalat Tarawih pada Bulan Ramadhan 1441 Hijriah ini di rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Hal ini disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten SBB Hi.Samwil Nurlete yang dihubungi, Jumat (10/4/2020). Nurlete mengatakan berdasarkan hasil rapat Pemerintah Kabupaten SBB bersama MUI, forum kerukunan umat beragama (FKUB), Paroki, Klasis dan perwakilan imam masjid di Kabupaten SBB pada Kamis (8/4/2020) menetapkan shalat tarawih Bulan Ramadhan 1441 Hijrian dilakukan di rumah masing-masing.

“Dengan mempertimbangan arahan Bupati SBB Yasin Payapo, tentang bencana non alam covid-19 yang sangat membahayakan keselamatan masyarakat serta merujuk pada fatwa MUI pusat, maklumat MUI Provinsi Maluku, dan surat edaran Menteri Agama RI maka dibuat empat poin tentang ibadah, salah satunya pelaksanaan tarawih di rumah masing-masing,” ujar Nurlete.

Loading...

Nurlete menyebutkan empat poin himbauan hasil rapat bersama itu adalah :
1. Untuk Shalat Jumat sebaiknya diganti dengan Shalat Dhuhur di rumah masing-masing.
2. Shalat Tarawih berjamah sebaiknya dilaksanankan di rumah bersama keluarga masing-masing.
3. Shalat 5 lima waktu dilaksanakan di rumah masing-masing sampai batas waktu yang ditentukan oleh pemerintah daerah bahwa situasi sudah aman.
4.Untuk misa/kabaktian ataupin ibadah lainnya dilaksanakan di rumah masing -masing.

“Itu empat poin kesepakatan bersama pemerintah daerah, saya harap semua jamaah dapat mengikuti himbawan pemerintah agar kita semua dijauhkan dari bencana Corona ini,” Pinta Nurlete. (FADLI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *