Cegah Covid-19, Ini Cara yang Dijalankan Keluarga Napi Saat Berada di Lapas Ambon

by
ATURAN 3M: Lapas Kelas II A Ambon, menerapkan aturan 3M bagi setiap pengunjung di lapas ini.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aturan ketat diterapkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ambon, saat menerima kunjungan keluarga narapidana (Napi), ditengah Pandemi COVID-19.

Kalapas Kelas II A Ambon, Sayful Sahri akui, sesuai aturan awal pihaknya membatasi jam kunjungan bagi keluarga napi. Namun, pada Natal 25 Desember 2020, dibuka kunjungan dibuka, tapi dengan syarat keluarga napi yang berkunjung ke lapas, wajib menaati semua jadwal besuk, utamanya protokol kesehatan.

Loading…

“Kita pahami saat Natal ada keluarga, mungkin saja Istri dan anak yang ingin ketemu bapaknya di dalam lapas. Tapi semua harus melalui tahapan 3M. Itupun jumlah keluarga napi yang datang, kami batasi,”tandas Sayful, Sabtu (26/12/2020).

Selanjutnya tambah Sayful, bila ada napi yang ingin berkomunikasi lebih lama dengan keluarganya di rumah, sudah disediakan fasilitas telepon. Dengan demikian, saat waktu kunjungan itu, dianjurkan tidak terlalu lama.

Sampai dengan saat ini, jumlah Napi yang menghuni Lapas Kelas II A Ambon berjumlah 392 orang. Banyaknya napi, mengharuskan lapas tidak hanya mengurangi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Akan tetapi, menjaga kebersihan lingkungan lapas dan kebersihan para penghuninya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon, memberikan sosialisasi kepada para warga binaan atau Napi,” katanya.

Selain itu, kata dia, di tiap blok hunian serta pintu masuk lapas sudah disiapkan wastafel yang bisa digunakan untuk selalu menjaga kebersihan.

Sementara sebagai langkah antisipasi lainnya, menurur dia, lapas juga menyiapkan hand sanitizer, pengukur suhu badan, masker, serta prasarana lain untuk mencegah penyebaran corona (RED)