Cegah Kerumunan, Pemkot Bolehkan Aktivitas di Fasum Hanya Sampai 18.00 WIT

by
Koordinator Fasilitas Umum Tim Pengendali PSBB Kota Ambon, Richard Luhukay menyatakan ada pembatasan jam aktivitas waga di Fasum Lapangan Merdeka, (3/12). FOTO: Iman Loilatu

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Beberapa fasilitas umum (fasum) di Kota Ambon kini telah ada jam batas beraktivitas. Salah satunya Lapangan Merdeka. Warga yang ingin melakukan kegiatan di sana hanya bisa sampai pukul 18.00 WIT.

Kebijakan itu diterbitkan menyusul mulai marak kerumunan orang di sejumlah fasum. Koordinator Fasilitas Umum Tim Pengendali PSBB Kota Ambon, Richard Luhukay menyebut pembatasan tak lain untuk menekan kerumunan yang berpotensi besar terjadi penularan massif.

“Ada jam batas. Selama ini fasum dibuka cuma kami batasi saja waktunya sampai jam enam sore. Memang diperwali seng ada, ini kebijakan katong tempuh untuk kurangi aktivitas perjumpaan di Kota Ambon,” jelas Richard kepada Terasmaluku.com usai talkshow siang tadi, (3/12/2020).

Pemerintah kota mendukung sepenihnya kegiatan aktivitas olahraga masyarakat. Bahkan dia mengapresiasi penerapan prokes berupa penggunaan masker. Hanya saja dari pantauan dan evaluasi timnya, kegiatan itu malah melahirkan banyak sekali kerumunan orang.

Loading...

Inilah yang coba ditekan agar tidak menjadi bahaya baru. sementara data pemkot menunjukkan Kota Ambon bergerak menuju zona kuning dari oranye. Dia tak menampik kasus meninggal beberapa pasien lansia pekan lalu membuat posisi kota tetap bertengger di zona oranye.

Untuk itu berbagaib upaya terus dilakukan untuk mendorongnya menjadi zona kuning. Artinya, kata Richard perasn serta masyarakat dalam hal ini sangat dibutuhkan.

“Kita tahu psikologis orang Ambon kan beda-beda. Bukan dilarang, hanya batasnya ya sampai pukul 18.00 WIT. Kalau katong rasa susah olahraga pakai masker, alangkah baik olahraga di rumah secara mandiri. Intinya kita masing-masing lindungi diri,” lanjut dia.

Menurutnya yang terpenting pemerintah tidak bekerja sendiri melainkan ada dukungan masyarakat. Bukan tak mungkin 2021 Ambon bisa masuk zona hijau. Itu mengingat kesadaran akan prokes yang tinggi. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *