Cegah Virus Corona, Polres SBT Periksa Suhu Tubuh Penumpang Kapal Dari Papua

by
Aparat Polres SBT melakukan pemeriksaan subuh tubuh penumpang kapal dari Papua yang tiba di Pelabuhan Sesar Kota Bula, Selasa (17/3/2020). FOTO : HUMAS POLRES SBT

TERASMALUKU.COM,-BULA-Langkah antisipasi penyebaran virus corona terus dilakukan berbagai pihak di berbagai wilayah. Seperti yang dilakukan aparat Kepolisian Resort (Polres) Seram Bagian Timur (SBT).  Polisi memeriksa suhu tubuh penumpang KM. Fajar Baru 08 dari Kota Sorong Provinsi Papua Barat, yang tiba di Pelabuhan Sesar Kota Bula, Kabupaten SBT, Selasa (17/3/2020) malam.

Dalam siaran pers Humas Polres SBT yang diterima Terasmaluku.com, Rabu (18/3/2020) menyebutkan satu persatu penumpang kapal diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan Termometer Infrared milik polisi saat turun dari kapal. Pemeriksaan suhu tubuh penumpang melibatkan dua pegawai Balai Karantina Kabupaten SBT, personil KPPP Polres SBT Bripka Moersalim, dua Personil Satuan Polairud Polres SBT Briptu Lukmanul Arif, dan Briptu Yosefat Gudam.

Loading...

Kapolres SBT AKPB Andre Sukendar mengatakan, pihaknya siap siaga untuk mendeteksi sedini mungkin orang-orang yang terindikasi virus corona. “Sebanyak 80 orang penumpang kapal dari Kota Sorong yang tiba di Pelabuhan Sesar Kota Bula dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan alat Termometer Infrared. Langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya penumpang yang terindikasi virus corona,” kata Kapolres SBT AKPB Andre Sukendar.

Pemerintah pusat telah menetapkan wabah virus corona atau Civid-19 menjadi bencana nasional. Terkait pencegahan masuknya virus corona, Kapolres menjelaskan kepolisian sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten SBT,  jajaran TNI dan instansi terkait lainnya untuk melakukan langkah antisipasi.

“Selain di Pelabuhan Laut, kami juga sudah berkoodinasi dengan pihak KKP Bandara Kufar, melalui Kapolsek Kecamatan Tutuk Tolu agar pihak bandara menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh serta memperbanyak cairan anti septic di areal Bandara Kufar. Ini langkah untuk mengantisipasi masuknya virus Corona,” kata Kapolres. (Sofyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *