CEK FAKTA : Tim Paslon 01 Pilkada MBD Bagikan Setumpuk Uang

by
Postingan akun Facebook Nona Blessing. FOTO: TANGKAPAN LAYAR

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Tahun 2020 diikuti tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati.

Paslon nomor urut 01 adalah Niko Kilikili dan Desianus Odie Orno, Benyamin Thomas Noach- Ari Kilikili Nomor urut 02 dan John Leunupun dan Dolfina Markus dari jalur perseorangan nomor urut 03.

Loading...

Namun ada unggahan dari seotang pemilik akun media sosial Facebook (FB) yang cukup menarik perhatian pengguna FB.

Yang mana akun FB bernama Nona Blessing mengunggah sebuah foto tumpukan uang pecahan 100.000 dan 50.000.

Dalam postinganya, akun FB Nona Blessing ini menyertakan caption “Uang ini tim 01 mau bagi ke masyarakat kisar roma wetar, maaf ktg di kisar zn trima uang..ktg mendukung 02.”

Cuitan ini diposting pada 3 Desember 2020 sekitar pukul 13.09 WIB.

Atas postingan ini ada sekitar 215 komentar yang dilayangkan netizien pada kolom komentar akun FB Nona Blessing.

Ada yang mengomentari untuk mengambil uangnya saja tetapi tetap pilih Paslon Nomor Urut 02 seperti komentar akun FB Thomy Maressy “Trima saja,nanti tusu no2”, ada juga yang berkomentar “01 jgn main suap blh”.

Bahkan ada juga komentar dari akun Beta Sadap yang berbunyi “siapa yg membaginya akan dipanggil polisi dan diproses”.

Komentar berbeda disampaikan akun FB Vania Bella. Akun ini mengomentari jika memang ada yang melihat dan memiliki bukti maka laporkan ke Panwas.

Cek Fakta : Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Terasmaluku.com menggunakan Tools Google Search ternyata foto itu mengarah ke Paula Verhoeven, dimana foto ini pernah diposting akun FB BAIM PAULA Editor.

Postingan akun Facebook BAIM PAULA Editor. FOTO TANGKAPAN LAYAR

Foto ini pertama kali diposting akun FB BAIM PAULA Editor pada 17 Mei 2020 sekitar pukul 09:28 WIB dan telah tiga kali dibagikan.

Kesimpulannya, postingan akun FB Nona Blessing bahwa foto tumpukan uang disiapkan Tim Paslon Nomor 01 Pilkada MBD adalah hoaks.

Konten ini hasil kerja tim cek fakta dari sejumlah media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) se Indonesia dan AMSI Wilayah Maluku.  (Ruzady)