Cerita Pemilik Rumah yang Sedang Bikin Kue Natal

by
George Rudolf de Queljoe membantu sang istri padamkan api yang bersumber dari dapur saat sedang membuat kue Natal pada Rabu (11/12/2019). FOTO: Priska Birahy

 TERASMALUKU.COM,AMBON–Kebakaran di Jalan Yan Paays Kota Ambon, Rabu malam (11/12/2019) menyisahkan cerita. Pemilik rumah, George Rudolf de Queljoe berkisah saat kejadian sang istri sedang berada di dapur. Dia tengah membuat kue kering bakal perayaan Hari Natal nanti. Tanpa sengaja kompor jatuh, minyak tanah meluber dan menyulut api.

BACA JUGA : Api Lahap Tiga Bangunan di Jalan Yan Paays

Beta istri ada sementara bikin kue Natal. Beta ada di tampa ojek duduk dan liat lai maitua su kibas-kibas kaki sama kompor. Beta bilang keluar semua,” kata pria yang akrab disapa Tos.

Sang istri kebingungan berusaha memadamkan api yang terlanjur menyebar. Kain dan karton kering yang digunakan meredam api nyatanya makin membuat api besar. Menurutnya dinding dapur mereka berbahan kayu. Itu mempermudah api melahap. Apalagi di bagian belakang bangunannya, terdapat gudang yang diisi meubel.

loading...

“Gudang itu orang sewa buat meubel. Tabakar semua,” tambah mantan Ketua RT yang menjabat selama 50 tahun dan jadi yang terlama di Ambon. Kue yang disiapkan bakal Natal pun hangus bersama rumah milik mereka.

Tos tak berhenti berusaha memadamkan api. Bahkan dia terlihat nekat masuk di tengah reruntuhan bangunan kios di bagian depan jalan untuk memadamkan api.

Dalam musibah kebakaran ini, tiga unit rumah terbakar. Api dengan cepat menghanguskan semua bangunan yang didominasi material kayu itu. Sepuluh mobil kebakaran Pemkot Ambon, dibantu truk air milik PMI didatangkan untuk memadamkan kobaran. Baru sekitar sejam kemudian petugas dapat melakukan pendinginan.

Sementara itu dari pengakuan beberapa warga sekitar, kebakaran itu sudah yang kedua kalinya. Sekitar tahun 2017 api pernah melahap bangunan di kompleks tersebut. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *