Cerita Walikota Untuk Peserta Darwin Ambon Yacht Internasional    

by
Walikota dan Wawali Ambon menyambut nahkoda kapal pesiar Australia yang tiba pertama di Pantai Amahusu, Selasa (8/8). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Peserta Lomba Yacht Internasional Annuel atau Darwin-Ambon Internasional Annuel Event Yacht Race 2017,  tiba di Pantai Amahusu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Selasa (8/8).  Nahkoda dan crew  kapal pesiar Walk On The Wild Side berbendera Australia yang finish  pertama kali di pantai Amahusu disambut Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan   Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler.

Walikota dan Wawali Ambon mengalungkan bunga  kepada nahkoda kapal, Captain Garth Curren dan awak kapal berbendera Australia itu. Mereka juga disuguhkan minuman  keras tradisional sopi. Walikota Richard mengatakan, lomba Yacht Internasional Annuel Darwin Ambon ini adalah kerjasama khusus yang dibangun antara Kota Darwin dan  Kota Ambon sejak lama.

Karena dari pengalaman sejarah Kota Ambon memiliki kedekatan emosional. Sebab menurut Walikota,  dulu Veteran dari Australia pernah dibantu masyarakat Ambon saat perang dunia kedua. “Dulu waktu perang dunia kedua banyak tentara Australia yang dibantu oleh masyarakat Ambon untuk kembali ke negaranya,” kata Walikota  Richard.

Menurut Richard, dari kedekatan emosional itu membuat Pemerintah Kota  Ambon dan Kota Darwin membuat kesepakatan kerjasama Ambon dan Darwin, sebagai kota bersaudara, sister city. Walikota Richard  mengatakan, sebagai kota bersaudara inilah  sehingga membuat Kota Ambon dan Kota  Darwin membuat event  lomba Yacht Internasional Annuel Darwin Ambon.

Program ini menurut Walikota  mendapat respon yang baik dari Darwin dan Ambon sebelum kerusuhan. “Namun pada saat konflik minat untuk datang sudah tidak ada lagi, setelah itu kita buat lagi kegiatan Darwin-Ambon dan saat ini sudah mulai ada minat untuk berkunjung kembali,” kata Walikota. Ia berharap, kegiatan berdampak positif pada pariwisata di Kota Ambon dan menjadikan Ambon, sebagai destinasi pariwisata di Indonesia. (IAN)