Citilink Resmi Terbang ke Ambon Via Makassar

by
Dirut Citilink Indonesia menyerahkan cinderamata miniatur pesawat kepada Walikota Ambon saat gathering penerbangan perdana, Selasa (15/8). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Maskapai penerbangan Citilink Indonesia kembali membuka rute  baru ke Kota Ambon. Penerbangan perdana rute Ambon – Jakarta via Makassar akan berlangsung Rabu (16/8) dengan nomor penerbangan QG 212. Pesawat yang digunakan untuk rute Ambon jenis Airbus. Pembukaan rute baru ini, selain strategi bisnis Citilink juga untuk  memperkuat konektivitas wilayah  nusantara dan kota – kota di wilayah timur.

“Penerbangan perdana Citilink Indonesia rute Ambon Jakara ini diharapkan dapat memperkuat posisi Maluku yang dipandang sangat penting di nusantara terutama di kawasan Timur Indonesia,” kata Direktut Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo saat gathering (pertemuan) penerbangan perdana di Hotel Natsepa Ambon, Selasa (15/8).

Pertemuan ini juga  dihadiri Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan jajaran petinggi maskapai penerbangan ini. Penerbangan perdana sengaja digelar pada 16 Agustus, sebagai kado  HUT RI ke 72 pada 17 Agustus dan HUT Provinsi Maluku ke 72 pada 19 Agustus.

Dalam pertemuan penerbangan perdana ini, Juliandra menyerahkan cinderamata miniatur pesawat   Citilink kepada Walikota, sebaliknya walikota menyerahkan miniatur lambang Kota Ambon. Juliandra menyatakan, pembukaan rute ke Ambon merupakan bagian strategi bisnis Citilink untuk memperkuat konektivitas nusantara, sehingga maskapai penerbangan ini tidak hanya menyebar di wilayah barat tapi juga di kota – kota Timur Indonesia.

Juliandra mengungkapkan, pihaknya menargetkan market atau penumpang  untuk penerbangan di Maluku khususnya Kota Ambon sebesar 20 persen dari kondisi pasar penerbangan di Ambon saat ini. “Untuk tahap awal kita targetkan 20 persen penumpang akan menggunakan Citilink, sisanya menggunakan penerbangan lainnya. Namun tidak tertutup kemungkinan market share ini akan terus meningkat di waktu mendatang,” katanya.

Selain penumpang, Citilink, anak perusahan dari PT. Garuda Indonesia ini juga menyasar potensi angkutan kargo unggulan Maluku yang meliputi, sektor perikanan, perkebunan, pariwisata dan  ESDM. Terlebih Maluku di sektor pertanian, berupa pala, cengkeh, kelapa serta sektor perikanan baik budidaya dan perikanan tangkap potensi pengiriman ke luar Maluku sangat besar.

Juliandra juga menyatakan, penerbangan ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pengembangan industri pariwisata Maluku dan meningkatkan jumlah wisatawan dengan target pencapaian kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019.

“Selain itu, Citilink Indonesia juga sangat senang dan berharap dapat mendukung visi Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia pada tahun 2017, dengan adanya pilihan akses transportasi udara dari dan menuju Ambon yang lebih mudah dan terjangkau,” kata Juliandra.

Penerbangan dari Jakarta ke  Ambon akan berangkat dari Jakarta pada pukul 08.35 WIB dan tiba di Ambon pada pukul 16.35 WIT, setelah sebelumnya transit selama 75 menit di Makassar. Sementara itu, penerbangan dari Ambon menuju Jakarta via Makassar akan berangkat pukul 18.10 WIT dan akan tiba di Jakarta pukul 21.20 WIB.

Walikota Richard Louhenapessy memberikan apresiasi kepada Citilink yang membuka kembali rute penerbangan ke Ambon. Dengan adanya penerbangan ini, akan memberikan kepastian bagi penumpang untuk terbang dari dan menuju  Ambon. Pembukaan rute ini juga menurut Walikota menunjukan Ambon memiliki berbagai  potensi yang diunggulkan terutama di sektor pariwisata dan layak dikunjungi.

“Dengan pembukaan penerbangan ini tentunya akan lebih memberikan kepastian kepada orang berkunjung ke Ambon dan juga berangkat dari Ambon,” katanya. Citilink Indonesia  pada 2013 sempat membuka rute ke Ambon, namun tak lama setelah itu dihentikan. “Kami berharap rute penerbangan ini tidak berhenti lagi,” kata Walikota. (ADI)