Cleveland Cyclewerks Buka Dealer Pertama di Indonesia Timur Maret

by
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Cleveland Cyclewerk tipe misfit itu model year 2018 dan 2019. yang telah dicustom pada warna tangki mesin, knalpot dan lampu depannya, (10/2). FOTO: Dok. PT. Sumatra Motor Indonesia

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kota Ambon bakal kedatangan wajah baru selera motor tanah air. Setelah gempuran pasar Jepang yang mendominasi, kini pasar motor Amerika bakal menjajal perjalanan pertama mereka di Timur Indonesia dengan gaya retro street.

Brand motor asal Amerika, Cleveland Cyclewerks akan membuka dealer resmi ketiga di Indonesia sekaligus yang pertama di Indonesia Timur pada 21 Maret 2020. Setelah sebelumnya membuka membuka dua dealer di Bekasi dan Bintaro.

Pembukaan dealer resmi Cleveland Cyclewerks Indonesia (CCI) ini tak lepas dari kerja keras anak Maluku, Dian Pratama, Owner CCI di Ambon. “Beta pengen anak Maluku sendiri yang punya usaha dealer motor besar. Karena selama ini semua dari luar. Paling yang punya hanya beberapa saja,” jelasnya kepada Terasmaluku.com usai melakukan media visit, Jumat (7/2/2020).

Dian, telah lebih dulu melihat pasar dan mempelajari krakteristik orang Ambon. Menurutnya secara georgrafis, masyarakat urban Ambon lebih menyenangi motor. Itu dipengaruhi akses transportasi dan luasan jalan yang memungkinkan kesemptan terbanyak berkendara dengan roda dua.

Tak heran komunitas motor terus tumbuh, termasuk yang fokus pada modifikasi dan build up. Gaya-gaya retro namun macho semacam café racer juga cukup sering dijumpai melaju di jalanan dalam kota.

Cleveland yang mengusung American style semacam ini mencoba penetrasi baru dengan menghadirkan sederet tipe yang kini tengah naik daun itu. Pada pembukannya nanti, akan ada 35 unit motor dari 4 tipe Cleveland Cyclewerks. Yakni Ace Scrambler, Misfit, Ace Deluxe dan Heist.

Di bawah bendera PT. Sumatra Motor Indonesia sebagai agen tunggal resmi pemegang merek dagang Cleveland Cyclewerks akan menjual unit motor dengan kapasitas mesin 250 CC. “Ada dua tipe pertama itu 250 cc dulu tahap awal. Berikutnya baru disusul 400 cc,” imbuh Direktur Utama PT. PT. Sumatra Motor Indonesia, Hendra Setiawan.

Hendra pun optimis dengan kehadiran brand bikinan Scott Colosimo pada 2009 di Clevland Ohio Amerika Serikat itu. selama pengalaman riding di Indonesia timur, katanya, mayoritas dipadati kedaraan roda dua.

Seperti yang mereka jumpai dalam perjalanan riding ke Bali hingga Labuan Bajo. Motor-motor yang ditumpangi pun bertemu klasik. Apalagi mereka meyakini jika kebutuhan berkendaraan saat ini linier dengan gaya hidup perkotaan. Harapannya pada saat pembukaan nanti minat masyarakat Ambon akan tumbuh seiring dengan kehadiran gaya berkendara Amerika di jalanan Kota Ambon. (PRISKA BIRAHY)