Cuaca Buruk di Perairan Bursel, BPBD Minta Warga Waspada

by
Ilustrasi

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE –Wilayah Perairan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sepekan terakhir ini dilanda angin kencang, hujan lebat dan gelombang  tinggi. Potensi tersebut masih berpeluang terjadi hingga pekan mendatang. Kondisi cuaca buruk ini, harus diwaspadai para nelayan, pengguna jasa pelayaran di  sekitar perairan Bursel, karena sangat berbahaya bagi  aktivitas di laut.

Himbauan ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bursel, Awat Mahulauw kepada wartawan, Kamis (8/2). Selain itu kata Mahulaw warga yang tinggal di daerah-daerah rawan banjir dan longsor di Kabupaten Bursel juga harus waspada karena potensi hujan masih terjadi hingga beberapa hari kedepan. “Terutama para nelayan yang akan pergi melaut harus memperhatikan kondisi cuaca akhir-akhir ini karena sangat berbahaya bagi aktivitas nelayan dan pelayaran tradisional lainnya. Kondisi ini masih berpeluang terjadi hingga pekan depan,” kata Mahulaw.

Loading...

Mahulauw yang juga mantan Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Bursel ini juga  mengingatkan kepada masyarakat pengguna transportasi laut  dan pemilik kapal apabila ada warning dari BMKG untuk tidak berlayar jangan dipaksakan untuk berlayar. “Kalau ada warning dari BMKG jangan bepergian melalui laut, apalagi menumpangi kapal-kapal tradisonal itu sangat berbahaya, apapaun kondisi kita harus ikhtiar,” katanya.

Menurutnya, BPBD Kabupaten Bursel  tetap siaga menghadapi kondisi cuaca buruk saat ini.  Mahulauw mengungkapkan, apabila terjadi bencana warga diminta menginformasikan kejadian tersebut secepatnya agar BPBD dapat mengambil langkah-langkah penanggulangan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kita berharap masyarakat dapat melaporkan jika terjadi kejadian baik itu banjir maupun tanah longsor agar ada langkah-langkah antisipasi yang bisa diambil,”katanya. (FIK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *