Cuaca Buruk Masih Terus Mengancam Wilayah Maluku

by
Sugeng Widodo

AMBON- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II  Ambon  memperdiksikan kondisi cuaca di Kota Ambon saat ini berawan dan hujan ringan. Namun ada potensi hujan sedang dan berat di wilayah  Maluku khusunya Kota Ambon.

“Perkiraan cuaca saat ini dan beberapa hari kedepannya masih berpotensi hujan  ringan hingga lebat karena adanya tekanan rendah di sejumlah wilayah Maluku dan Papua sehingga ini sangat berpengaruh pada kondisi cuaca di Maluku khususnya Kota Ambon,” kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi Kelas II Ambon Sugeng Widodo kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/4).

Ia menyatakan, kondisi ini juga diakibatkan karena adanya tekanan udara di perairan Laut Arafura. Sehingga menyebabkan terjadinya kumbungan angin yang mengakibatkan potensi curah hujan di Maluku semakin meningkat. “Jadi masyarakat perlu diwaspadai adanya hujan sedang, lebat disertai kilat atau petir hingga angin berdurasi singkat,” katanya.

Sedangkan untuk gelombang laut, dua hari kedepan diperkirakan semakin tinggi terutama di wilayah Maluku Tenggara, Kei dan Laut Arafura karena adanya tekanan rendah di daerah tersebut. “Tinggi gelombang laut itu 3 sampai 4 meter di daerah di Kepulauan Maluku Tenggara, sehingga masyarakat harus berhati-hati dalam berlayar,” ujar Widodo.

Ia juga  menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon untuk tetap waspada terhadap curah hujan dan gelombang di wilayah itu. Sebab saat ini kondisi Kota Ambon masih musim hujan. (IAN)