Jelang Pilkades, Sekda Bursel Lantik Tiga Pejabat Kades

oleh
oleh
Sekda Buru Selatan (Bursel) Sahroel A. E Pawa melantik dan mengambil sumpah dua Pelaksana Harian (Plh) Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Kepala Madan, Sabtu (15/9/2018). FOTO : TAUFIK

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Sekda Buru Selatan (Bursel)  Sahroel A. E Pawa melantik dan mengambil sumpah tiga Pelaksana Harian (Plh) Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Kepala Madan dan Kecamatan Leksula yang berlangsung di Kantor Kecamatan Kepala Madan, Sabtu (15/9/2018) pagi.

Untuk Kecamatan Kepala Madan yang dilantik sebagai Plh Kades Biloro,Kaim Mamulaty. Ia menggantikan Sirajudin Longa. Selanjutnya Plh Kades Balpetu, Haris Wambes yang  dilantik menggantikan Kader Gay. Sementara Kecamatan Leksula yang dilantik adalah Plh Kepala Desa Waemulang,Alfred Liligoly menggantikan Yoris Biloro  berlangsung di Balai Desa Waemulang, Sabtu (16/9/2018) siang.

Sekda mengatakan pelantikan tiga penjabat Kades tersebut dalam rangka mengisi kekosongan jabatan Kades di desa setempat.  Tiga Kades sebelumnya mencalonkan diri dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan berlangsung 1 Oktober 2018. Yang mana sesuai aturan, Kades yang ikut  Pilkades harus mengundurkan diri. Karena itu Pemkab Bursel menunjuk pejabat Kades yang baru.

“Pelantikan ini bertujuan agar penyelenggaraan roda pemerintah, pelaksanaan pembangunan di desa masing – masing harus tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan.  Untuk tiga pejabat desa yang baru dilantik, amanah yang diemban oleh saudara selaku pimpinan desa harus benar – benar dijaga dengan baik demi percepatan pembangunan di desa,”kata  Sekda.

Sekda juga menjelaskan empat tugas pokok seorang penjabat Kades yakni, menyelenggarakan pemerintah desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. “Tugas pokok tersebut harus berjalan dengan baik dalam upaya peningkatan kesejatraan masyarakat,” katanya.

Sekda mengungkapkan, pejabat Kades yang baru saja dilantik mengemban satu tugas khusus yakni menyiapkan proses pemilihan Kades devenitif. “Saya harapkan Pejabat Kepala Desa dan masyarakat khususnya yang melaksanakan Pilkades dapat menjaga hubungan silaturahmi, menjaga kondisi Kamtibmas demi tercapainya Pilkades yang berkualitas, jangan sampai ada benturan di masyarakat akibat Pilkades, perbedaan itu hal biasa dalam proses pemelihan nanti,” kata Sekda.

BACA JUGA :  Serah Terima Jabatan Danramil Dan Perwira Staf Jajaran Kodim 1502/Masohi

Ia juga mengharapkan kepada penjabat Kades yang baru dilantik ini agar dapat bekerjasama secara baik dengan unsur BPD serta seluruh komponen masyarakat menyangkut berbagai program kerja di desa. Pelantikan Plh  Kades dihadiri sejumlah anggota DPRD, camat dan undangan lainnya. (FIK)

No More Posts Available.

No more pages to load.