Satgas Yonif RK 136/TS Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bercocok Tanam

oleh
oleh
Personil Pos Wakasihu SSK I Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS bersama warga Desa Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat berocok tanam, Rabu (13/11/2019). FOTO : DOK PENREM 151/BINAIYA

UNTUK mewujudkan program ketahanan pangan di daerah penugasan, personel Pos Wakasihu SSK I Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS bersama warga Desa Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, memanfaatkan lahan kosong sebagai sarana bercocok tanam, Rabu (13/11/2019).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus sebagai sarana pengenalan cara mengolah tanaman bagi ibu-ibu yang tergabung dalam pengurus PKK Desa Wakasihu ini, merupakan salah satu tugas pokok Satgas di bidang pembinaan teritorial atau binter.

Serka Heriyanto, Danpos Wakasihu mengungkapkan sarana bercocok tanam yang digunakan merupakan lahan kosong yang sudah disiapkan atas izin warga dan Raja Desa Wakasihu. “Sehingga atas seizin tersebut kami memanfaatkannya untuk menanam bibit Jahe. Sedangkan bibit tanaman jahe sebanyak 250 kilogram yang sudah disiapkan merupakan bantuan langsung dari pemerintah Kab. Maluku Tengah yang diperuntukan bagi warga Desa Wakasihu,”kata Heriyanto.

Heriyanto menjelaskan dalam pelaksanaannya, pihaknya bersama petugas Dinas Pertanian, Alfredi Tudingan terlebih dahulu memberikan penjelasan kepada warga mengenai tata cara melakukan penanaman bibit Jahe yang baik dan benar. Dimulai dari cara pengolahan Tanah, penanaman hingga pemupukannya.“Sehingga hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga khususnya ibu-ibu untuk mengisi waktu luang mereka dengan bercocok tanam,” ungkapnya.

Heriyanto juga berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga dan merawat bibit tanaman yang sudah ditanam, sehingga nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Selain melaksanakan tugas pokok, kegiatan ketahanan pangan merupakan sarana bagi Personel Satgas untuk menjalin tali silahturahmi dengan warga binaan yang selama ini sudah terlaksana dengan baik,” tutur Heriyanto. (ADV)

BACA JUGA :  Kepala BKN Regional Makassar Pantau Tes CPNS di Bursel, Baru Tujuh Yang Lulus

No More Posts Available.

No more pages to load.