Covid-19 Masih Mewabah, Pemda Maluku Tiadakan Mudik Gratis Jelang Natal

oleh
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat. FOTO: TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Daerah Provinsi Maluku melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku memastikan tak ada mudik gratis jelang Hari Raya Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 sebagaimana yang biasanya dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya di Maluku.

Hal ini dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang masih mewabah. Apalagi potensi kerumunan massa saat mudik gratis bisa terjadi sehingga hal itu menjadi pertimbangan mudik gratis jelang Natal Tahun 2020 ditiadakan.

“Seng ada (tidak ada mudik gratis jelang Natal), dan tidak bisa juga karena kerumunan, pertimbangannya itu. Dan pandemik masih begini juga, pergerakan orang dibatasi. Jadi tidak ada,”jelas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat saat dikonfimasi terasmaluku.com, Minggu (13/12/2020) malam.

Selain itu, kata Malawat menambahkan, anggaran Dishub untuk program rutin jelang hari besar keagamaan itu juga direfocusing akibat pandemi covid-19 untuk dialihkan ke bidang kesehatan. “Dan kemarin dananya kita kembalikan, refocusing untuk memperkuat di kesehatan,”sambungnya.

Meskipun tak ada mudik gratis, diapstikannya pengawasan terkait protokol kesehatan untuk transportasi jelang Natal Tahun 2020 dan tahun Baru 2021 tetap diberlakukan.

Salah satunya pelaku perjalanan wajib miliki hasil non reaktif rapid test. Dan untuk hal ini dilakukan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Meski tak ada mudik gratis, dipastikan Malawat, posko-posko untuk pemantauan arus transportasi jelang Natal juga tetap ada. “Pos-pos pemantauan ini untuk memperlancar koordinasi dan kesiapan-kesiapan kita jangan sampai ada kendala di lapangan, jadi perlu posko untuk pengawasan,”tandasnya. (Ruzady)

BACA JUGA :  Masih Rendah, Pemprov Maluku Genjot Penyaluran KUR Sektor Pertanian

No More Posts Available.

No more pages to load.