Penjabat Bupati Malteng Ajak Masyarakat Muslim Teladani Akhlak Rasulullah SAW

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW ini berlangsung penuh khidmat di Baileo Soekarno, Kota Masohi, Kabupaten Malteng, Senin malam (2/10/2023).

Acara yang dilaksanakan tersebut dihadiri Penjabat Bupati Malteng, Rakib Sahubawa, unsur Forkopimda, OPD Malteng dan masyarakat setempat.

Penjabat Bupati dalam sambutannya mengajak masyarakat muslim di Malteng untuk selalu meneladani sifat dan perilaku Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya mengajak kita agar mejadikan momentum Maulid Nabi sebagai media untuk merefleksikan diri, mengenang perjuangan Rasulullah SAW serta menjadikannya teladan dalam kehidupan kita,” ajak Rakib Sahubawa.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kata Sahubawa, memiliki nilai yang sangat positif guna mendorong peningkatan kualitas keimanan, ketaqwaan dan kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

“Sebagai hamba, tentu kita harus mengkaji secara mendalam makna peristiwa akbar ini, sebab Nabi Muhammad SAW diutus ke bumi untuk menjadi contoh yang patut diteladani oleh manusia baik sebagai individu maupun sebagai seorang pemimpin,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kejari Tanimbar Limpahkan Berkas Tersangka Korupsi SPPD Fiktif Pemkab KTT

Ia mengatakan, Nabi Muhammad SAW bukan hanya seorang tokoh duniawi saja yang peranannya terbatas oleh dimensi ruang dan waktu. Namun beliau adalah Rasul, pembawa wahyu Ilahi yang telah mengubah sejarah peradaban umat manusia menjadi terang benderang.

“Olehnya itu, pada malam yang penuh berkah ini, mari kita semua selaku ummat Nabi Muhammad SAW agar selalu meneladani beliau sebagai uswatun hasanah, baik dalam kapasitas sebagai pemimpin ummat maupun dalam berperilaku sosial,” pinta Dia.

Penjabat Bupati mengatakan setiap manusia harus mampu memposisikan diri secara kontekstual sebagai pelopor dalam merespon berbagai dinamika sosial yang kian kompleks. Di mana dengan berbagai dampak sosial dan moral yang ditimbulkan sebagai akibat dari kemajuan peradaban yang mengglobal.

BACA JUGA :  Cek Kesiapan Rencana Pembangunan Ambon New Port, Empat Menteri Kunjungi Ambon Hari Ini

Sahubawa juga mengaku saat ini salah satu tantangan bagi Kabupaten adalah pengentasan kemiskinan ekstrem. Ini merupakan program prioritas nasional dan juga menjadi atensi serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

Untuk mengatasi tantangan itu, Sahubawa mengaku pihaknya sudah melaksanakan terobosan OPEN atau yang berarti OPD Pendamping Negeri guna menuntaskan kemiskinan ekstrem.

Pemkab Malteng, lanjut Sahubawa, juga fokus untuk membantu dan menyantuni para kaum dhuafa, anak yatim, piatu, yatim piatu, para janda dan para orangtua jompo. Ini dilakukan dengan mengikhtiarkan segala kemampuan serta potensi yang bisa dimasksimalkan. Salah satunya dengan membuat donasi Dompet Kasih Sayang Dhuafa (Dompet Siafa) yang Insha Allah setiap rupiah yang terkumpul akan disalurkan secara baik dan bertanggung jawab kepada mereka.

“Hal ini sejalan dengan perintah Allah SWT dalam Surah Al Maun ayat 1 sampai 3 yang memberi penegasan bahwa orang yang mendustakan agama adalah orang-orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan untuk memberi makan orang miskin. Selain itu, banyak juga hadist Nabi yang mengajak dan menganjurkan kita untuk menyantuni serta berpihak kepada para kaum dhuafa,” jelasnya.

Melalui kegiatan Maulid Rasulullah Muhammad SAW, Sahubawa memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat di Malteng, tidak terkecuali warga KKSS untuk bersama-sama mantapkan niat demi membantu meringankan beban hidup para kaum dhuafa sesuai kemampuan masing-masing.

“Insya Allah keberpihakan kita kepada kaum dhuafa akan menjadi pintu Rahmat sehingga daerah dan masyarakat kabupaten ini senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Amiin ya Rabbal’alamin,” pungkas Bupati.

Penulis: Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.