DPRD Malteng Harap Dinas Lingkungan Hidup Benahi Sampah

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah, Hasan Alkatiri, mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungam Hidup (DLH) agar dapat membenahi sampah yang semakin meningkat.

“Jumlah itu (penduduk) dapat berpengaruh dengan meningkatkan kapasitas sampah dengan keberagaman jenis di lingkungan. Jika DLH tidak berinovasi maka kota ini akan dijuluki kota sampah,” kata Alkatiri di Masohi, Jumat (24/4/2024).

Politisi partai golkar ini menyarankan kepada DLH segera melakukan inovasi dan trainer kepada seluruh petugas agar dalam proses pengurusan sampah bisa berjalan secara optimal. Begitu juga dengan waktu pengangkutan sampah, di mana waktu pengangkutan tidak boleh lagi pada jam 7 atau pukul 8 pagi. Petugas sampah sudah harus siap dari jam 3 subuh sehingga di jam 6 pagi warga sudah bebas sampah.

BACA JUGA: Jaga Keindahan Masohi, DLH Malteng akan Ganti Tempat Pembuangan Sampah Berbahan Semen

“Karena di jam 6 pagi, warga sudah beraktivitas ke pasar dan toko-toko mulai dibuka. Kalau umpamanya ini di lakukan maka dipastikan masyarakat merasa nyaman,” katanya.

DLH, lanjut Dia, sudah harus melakukan studi banding terkait cara mengolah sampah. Ini agar sampah memiliki manfaat lebih, memiliki nilai ekonomi, atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan.

“Kan dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan atau keindahan. Hanya saja butu perencanaan yang sistematis dari DLH,” ujarnya.

Penulis: Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Lagi Kejahatan Di JMP, Pemkot Belum Kantongi Izin Akses Rekaman CCTV

No More Posts Available.

No more pages to load.