Polres Buru Selatan bersama Satgas Pangan dan TPID Pemkab Sidak Pasar

oleh

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Polres Buru Selatan bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan serta TPID Pemerintah Kabupaten Buru Selatan lakukan indpeksi mendadak (sidak) di Pasar Kaiwait, Namrole, Rabu (5/6/2024).

Sidak berlangsung Rabu siang pukul 11.00 WIT hingga sore pukul 17.00 WIT.

Dalam sidak, pengecekan stock pada distributor, toko Sembako dan bapokting, pasar daerah Kaiwait dilakukan.

Kapolres Buru Selatan, AKBP Agung Gumilar menjelaskan, Sidak Pasar dilakukan dalam rangka pengecekan ketersediaan bahan pokok dan Bapokting di Kota Namrole.

“Sidak pasar ini untuk memastikan terkait ketersediaan sembako dan bapokting baik dari kualitas maupun kuantitas di Kabupaten Buru Selatan serta melaksanakan kontrol harga dalam menjaga daya beli masyasrakat,”jelasnya.

Setelah Sidak Pasar dilakukan, dipastikan stock sembako bapokting dalam keadaan aman terkendali. “Dan tidak terdapat kelangkaan sampai dengan beberapa bulan kedepan,”sambungnya.

Temuan

Tim Sidak temukan beberapa barang kadaluwarsa yang masih dijual pelanggan.

“Terhadap barang-barang tersebut telah diamankan dan dimusnahkan Satgas Pangan bersama petugas Dinas Perdagangan,”bebernya.

Selain itu, pada salah satu toko sembako, kedapatan menjual minyak goreng subsidi “Minyak Kita” kemasan 5 kg dengan harga diatas HET, seharga Rp83.000.

Adapun terhadap temuan tersebut mengacu pada Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2021 tentang pelaksanaan larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

“Terhadap temuan ini telah ditindaklanjuti dengan penerapan sanksi administrasi sesuai ketentuan perundang-undangan melalui Dinas Perdagangan Pemda Kabupaten Buru Selatan dan Pembinaan oleh Satgas Pangan Polres Buru Selatan,”tegasnya.

Ditambahkanny, Sidak Pasar ini salah satu bentuk sinergitas Polri melalui Polres Buru Selatan dengan Pemerintah daerah untuk menjaga ketersedian Sembako dan bapokting serta menjaga kesejahteraan masyakatat dalam rangka Harkamtibmas.

BACA JUGA :  Dukungan Pun Datang Dari Penjabat Raja Soal Penutupan Lokalisasi

“Adapun giat tersebut merupakan atensi dari Bapak Kapolda Maluku kepada jajarannya,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.