Daftar Segera, Mudik Gratis Masyarakat Pulau Buru

by
Yulianto

TERASMALUKU.COM,-AMBON-PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon, dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran bagi masyarakat Buru yang akan melaksanakan mudik gratis  Hari Raya  Idul Fitri 2018.  “Mudik lebaran gratis ini, kami dari BUMN adakan lintas Ambon Namlea. Nanti  dalam puasa baru kita buka pendaftaran,” kata General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon Yulianto kepada Terasmaluku.com di Ambon Rabu, (16/5/2018).

Pendaftaran dijadwalkan buka pada H-3 sebelum lebaran bagi warga yang akan pulang ke Buru dari Ambon, dan H+3 sesudah lebaran bagi warga Buru yang hendak kembali ke Ambon.  Untuk melayani perjalanan Ambon-Namlea pihaknya membuka dua jalur. Yakni dari dermaga Galala dan Slamet Riyadi Ambon. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan dan desak-desakan penumpang.

Hal serupa juga diterakan saat arus balik Lebaran. Pihaknya juga akan menyesuaikan kapasitas penumpang untuk menjaga kelancaran selama Program Mudik gratis. Dia menargetkan daya tampung penumpang hanya 300 orang. Ambon-Namlea 300 orang, Namlea-Ambon 300 orang.

“Masyarakat yang mau mendaftar bisa langsung ke Kantor ASDP Ambon,” ujarnya. Untuk fasilitas ferry, pihaknya menyiapkan semua kelas mulai dari ekonomi hingga VIP. ASDP Cabang Ambon juga tengah mengoperasikan sembilan kapal armada laut lain. Seperti kapal Ferry rute Galala-Namlea, Huniamua-Waipirit, Hunimua-Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan  Namlea-Kayeli.

“Khusus Hunimua-Waipirit, kami akan melayani sesuai kondisi di lapangan karena tarif sewaktu-waktu bisa berubah. Rute itu berpotensi penumpukan penumpang. Jadi tarif kita tambah kemudian jadwal kami rubah menjadi tiba- berangkat. Ini tetap kita sesuaikan dengan yang ada di lapangan. Kita tetap mewaspadai meskipun kondisinya masih normal,”jelas Yulianto. Keputusan ini didasari kondisi pada tahun-tahun sebelumnya dimana rute Hunimua-Waipirit terjadi penumpukan penumpang. (UAD).