Dalam Empat Hari 162 Pasien Covid di Maluku Sembuh

by
ilustrasi: ayosemarang.com

TERASMALUKU.COM,- AMBON – Dalam empat hari terakhir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku mencatat sebanyak 162 pasien covid-19 di Maluku sembuh. Jumlah ini tercatat sejak 14-17 September 2020.

Jika dibandingkan dengan penambahan kasus baru dalam empat hari terakhir, pasien sembuh tercatat lebih banyak. Yang mana dalam empat hari terakhir ini, penambahan kasus terkonfirmasi di Maluku tercatat sebanyak 69 kasus.

Dari 162 pasien sembuh itu, terbanyak asal Kota Ambon. Yakni 135 pasien sembuh disusul Kabupaten Maluku Tengah dan Maluku Tenggara masing-masing 5 pasien sembuh, selanjutnya 4 pasien dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan 3 pasien dari Kota Tual.

Sementara rincian dari penambahan 69 kasus baru masing-masing dari Kota Ambon 61 kasus, Maluku Tengah dan Aru masing-masing 3 kasus baru serta Seram Bagian Barat (SBB) 2 kasus baru.

Dikatakan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang banyak pasien yang sembuh dalam empat hari terakhir ini merupakan pasien covid-19 tapi tanpa gejala atau OTG.

Loading...

“Jadi begini yang dari belakang ini kita banyak melakukan tes massal secara masif di perkantoran. Dan memang dapat pasien banyak, cuman sebagian besar itu 90 persen tanpa gejala (OTG). Yang tanpa gejala ini kalau dikarantina terpusat, makannya bagus, psikisnya bagus maka kesembuhannya bisa  cepat,”jelasnya  saat dikonfirmasi terasmaluku.com via seluler Jumat (18/9/2020).

Disamping itu juga kata Kasrul, ikuti anjuran dokter serta konsumsi makanan bergizi serta psikis yang bagus juga berpengaruh dalam mempercepat kesembuhan pasien.

Kasrul juga menghimbau masyarakat untuk ikut berperan dalam tes swab massal demi kebaikan bersama. “Kita butuh dukungan masyarakat bahwa covid ini bukan suatu aib, tapi ini virus sehingga harus diberi bantuan agar bisa cepat sembuh,”tandasnya.

Hingga 17 September 2020, total kasus positif terpapar covid-19 atau terkonfirmasi di Maluku tercatat sebanyak 2.503.

Dari jumlah itu, pasien yang sudah dinyatakan sembuh tercatat sebanyak 1.582, dalam perawatan 883 dan pasien meninggal sebanyak 38.

Sementara suspek tercatat sebanyak 463 orang terbanyak dari Kota Ambon dengan jumlah 461 serta Maluku Tengah 2 orang. (RUZADY ADJIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *