Dalam kesederhanaan, Mereka Menyambut Secara Luar Biasa

by
Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian K. Tehuteru disambut warga Desa Mesiang di Pulau Barakai Kecamatan Aru Tengah Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Jumat (19/1).

KESAN yang dirasakan Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya saat melaksanakan kunjungan kerja perdananya ke Desa Mesiang di Pulau Barakai Kecamatan Aru Tengah Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru adalah dalam kesederhanaan, warga menyambut secara luar biasa, Jumat (19/1). Danrem 151/Bny, Kolonel Inf Christian K. Tehuteru mengawali kunjungannya ke wilayah Kabupaten  Kepulauan  Aru pada Jumat 19 Januari 2018 dengan mengunjungi Pos Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 515/Ugra Tapa Yudha, Kostrad yang berada di Kampung Mesiang.

Danrem  berkunjung ke wilayah itu  bersama Dandim 1503/Tual, Letkol Arh Hilarius Karnedi, Danyonif 734/SNS, Mayor Inf Mario Christian Noya, Pabung Kepulauan  Aru Mayor Arm La Musa dan Perwira Urusan Produksi Penerangan Korem (Paur Prod Korem) 151/Bny, Lettu Inf Sumpena serta beberapa anggotanya.  Perjalanan dari Pelabuhan Yos Sudarso Dobo dengan menggunakan speed boat berangkat jam 13.30 Wit. Cuaca yang cerah mengantar keberangkatan rombongan, namun di tengah perjalanan dihadang oleh hujan disertai ombak 2 – 3 meter ditambah dengan kabut yang tebal.

Tapi pengemudi speed boat, Frans dapat menunjukkan kepiawaiannya sebagai seorang pelaut yang dengan cekatan membawa perahu melewati celah-celah ombak yang tinggi sampai ke Kampung Mesiang.  Setiba di dermaga Kampung Mesiang pukul 18.00 Wit dan diluar dugaan, ternyata sepanjang dermaga telah dipenuhi dengan masyarakat Kampung Mesiang mulai dari anak-anak sampai dewasa, bahkan opa-opa dan oma-oma juga ikut menyambut Danrem dan rombongan.

Kedatangan disambut dengan acara adat pimpinan Kepala Desa Pieter Herman, tarian adat oleh oma-oma, serta penerimaan di rumah adat oleh tokoh adat, Mekit Lemang dan acara tatap muka yang diikuti oleh seluruh masyarakat desa dengan antusias dan penuh persaudaraan.

Dalam sambutan Kades mengucapkan selamat datang dan memberikan saran agar anggota Satgas yang sudah baik dalam menjalankan tugas dapat diperhatikan kesejahteraannya agar dalam menjalankan tugas dapat lebih baik lagi. “Saya berharap Bapak Danrem dapat memperhatikan Bapak-bapak yang bertugas di sini supaya dalam menjalankan tugas dapat berjalan dengan baik, selama di sini mereka sudah banyak membantu warga kami,” ungkap Kades.

Sementara itu dalam sambutan Danrem mengungkapkan ucapan terima kasih karena telah diterima dengan baik di Pulau tersebut. Sebelum memulai sambutan, Danrem memperkenalkan diri. Danrem berpesan kepada seluruh warga yang hadir agar memelihara dan melestarikan alam yang masih asri dan mampu untuk mengolahnya sehingga dapat meningkatkan taraf hidup warga pulau itu. Dalam kesempatan itu pula, Danrem menghimbau kepada warga agar memperhatikan masalah pendidikan.

“Kalau bisa pendidikan anak-anak Mesiang bisa sampai perguruan tinggi sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi desa,” ungkap Danrem. Kesulitan lainnya berupa infrastruktur seperti pompa air untuk mengangkat air dan mengalirkan ke rumah-rumah masyarakat akan dijadikan perhatian untuk dapat dikomunikasikan sebagai masukan kepada Pemerintah Daerah.

Danrem juga mengajak kepada para pemuda desa yang berminat untuk menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar mempersiapkan diri dari awal agar dalam proses seleksi dapat dilalui dengan baik, “Ade-ade dapat meminta bantuan dari anggota Satgas dan Babinsa untuk mendapatkan bimbingan dan diajarkan bagaimana cara mempersiapkan diri utk menghadapi test tersebut,” pungkas Danrem.

Sebagai Danrem 151/Bny, yang juga bertindak sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 151/Bny, ia  juga mengunjungi Pos Mesiang (Pos Satgas Yonif R 515/Uty Kostrad) dengan 13 personel yang dipimpin oleh Pelda Muryono. Danrem  mendengarkan hal-hal menonjol serta kendala-kendala yang dihadapi dan memberi solusi juga motivasi bagi seluruh anggota pos.

Danrem juga menghimbau agar anggota semangat dalam menjalankan tugas, aktif dalam membantu kesulitan rakyat dan melaksanakan pendekatan secara persuasif serta mengajak para pemuda dalam kegiatan yang positif.

Dalam kesempatan itu pula Danrem 151/Bny memberikan tali asih kepada anggota Pos Satgas Mesiang. Rombongan juga dijamu makan malam oleh masyarakat dan setelah makan malam, pukul 19.30 Wit rombongan kembali ke dermaga untuk berangkat menuju ke Benjina dengan diantar dan dilepas oleh masyarakat. (IAN)