Damkar Akan Bangun Posko di Kecamatan Teluk Ambon

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tepat di perayaan hari ulang tahun Pemadam Kebakaran ke-102 Damkar Kota Ambon bakal menambah posko armada. Penambahan itu untuk mempercepat layanan dan jangkauan damkar ke lokasi-lokasi di Kota Ambon.

Dalam apel pagi dan perayaan HUT Damkar di balai Kota Ambon, (1/3/2021), Sekretaris Kota A.G. Latuheru menyatakan hal itu. Kinerja damkar yang semakin baik menuai apresiasi dari menteri dalam negeri.

Untuk itu ada rencana penambahan posko armada damkar sebagai solusi efisiensi waktu pelayanan. “Pelayanan damkar itu sudah tunjukkan langkah-langkah yang baik. Paling telat itu 15 menit. Supaya lebih maksimal lagi untuk buat pos pelayanan yang dipusatkan di kecamatan-kecamatan,” terang Latuheru saat pidato apel pagi di Balai Kota Ambon.

Menurutnya durasi titik keterlambatan mobil damkar paling maksimal 15 menit. Dia berharap penambahan posko nanti, dapat mempersingkat waktu respon. Kebaradaan posko pada setiap kecamatan sekaligus memudahkan jangkauan pelayanan.

PLT. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, N. Edwin J. Pattikawa menambahkan pembangunan posko tersebut akan dilakukan di Kecamatan Teluk Ambon.

“Kita sambut dengan beri pelayanan dengan baik. Tahun ini kita ada rencana di kecamatan Teluk Ambon ada pos,” terang dia usai apel.

Hal itu katanya sebagai bagian dari perluasan jangkauan layanan. Dengan adanya pos di Kecamatan Teluk Ambon, damkar mampu melayani wilayah-wilayah di sekitar kecamatan. Selain pembangunan posko, pihaknya juga akan merekondisi kendaraan damkar agar bekerja lebih maksimal.

Saat ini Damkar Kota Ambon memiliki 16 unit mobil. Terdiri dari mobil pemadam, pendukung dan ambulans. “Arahan dari pak Menteri Dalam Negeri juga damkar agar lebih proaktif. Tidak hanya menunggu,” katanya optimistis. (PRISKA BIRAHY)