Danramil Air Buaya Sosialisasi Penerimaan Anggota TNI AD

by
Danramil Air Buaya saat sosialisasikan penerimaan anggota TNI AD kepada siswa – siswa SMAN Air Buaya Kabupaten Buru, Kamis (1/2).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komando Rayon Militer (Koramil) 1506-03/Air Buaya, memberikan sosialisasi proses penerimaan anggota TNI AD  kepada siswa-siswi Kelas III di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Air Buaya Kecamatan Namlea Kabupaten Pulau Buru, Kamis (1/1). Komandan Koramil (Danramil) 1506-03 Air Buaya, Kapten Inf Rusdi beserta dua orang anggotanya mendatangi SMAN Air Buaya untuk mensosialisasikan proses penerimaan menjadi anggota TNI AD.

Hal ini dilakukannya karena banyaknya laporan dari para Babinsanya yang menyatakan di desa-desa binaan mereka banyak para orang tua maupun anak-anak sekolah yang menanyakan cara menjadi seorang TNI. “Banyaknya permintaan dari masyarakat di pedesaan kepada   Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea dan laporan dari para Babinsa tentang bagimana  proses penerimaan menjadi anggota TNI, maka kami kemudian mendatangi sekolah-sekolah diantaranya SMAN Air Buaya untuk melakukan sosialisasi penerimaan anggota TNI,” kata Kapten Inf. Rusdi.

Menurunya, minimnya informasi yang didapat oleh masyarakat khususnya di daerah pedalaman membuat para pemuda-pemudi yang bercita-cita ingin menjadi seorang Tentara menjadikan mimpi mereka terhapus begitu saja. Dihadapan siswa dan siswi SMAN Air Buaya, Danramil menjelaskan secara panjang lebar tata cara ikut penerimaan anggota TNI baik secara teori maupun praktek yang diperagakan oleh Babinsanya.

Keterangan yang diberikan oleh Danramil meliputi proses awal pendaftaran, proses seleksi, persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar sampai dengan trik melakukan gerakan-gerakan fisik yang akan dihadapi pada saat proses seksi. Para siswa sangat antusian menerima penjelasan dari Danramil tersebut, sampai-sampai minta agar salah satu peraga memperaktekan gerakan yang benar pada saat kegiatan Sit Up.

“Kami harapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang proses penerimaan menjadi anggota TNI, terutama menjadi anggota TNI AD. Para siswa sangat antusias sekali, tidak hanya anak laki-laki saja yang ingin menjadi para siswipun banyak yang bercita-cita menjadi seorang Tentara Wanita, walaupun diantaranya ada juga yang ingin menjadi Polwan, prosesnya kan tidak jauh beda ya antara TNI dan Polisi, saya kira hampir sama lah,” ungkap Danramil.

Pada waktu yang bersamaan beberapa anggota Babinsa dari Koramil Air Buaya juga melaksanakan kegiatan di desa binaannya seperti Serka Safeii yang turut serta menghadiri acara Khatam Al-Quran Taman Pengajian Quran (TPQ) Fastabiqul Khoiroat di Dusun Kramat Desa Batlale, Sertu Jafar Rumagia melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat desa Balbalu dan Koptu Dadang yang juga melaksanakan Komsos dengan masyarakat Desa Airbesar. (IAN)