Danrem 151/Binaiya Silaturahmi Bersama Latupati, Ini Yang Dibicarakan

by
Danrem 15/ Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw melakukan silaturahmi dengan Latupati Maluku di Makorem, Senin (24/8/2020). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebagai putra daerah yang dipercayakan pimpinan TNI di Maluku, Danrem 15/ Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw sangat bersyukur karena boleh pulang kampung. Oleh karena itu Danrem bersama-sama satukan hati dengan masyarakat Maluku dengan semboyan Ale rasa beta rasa, potong dikuku rasa didaging meri sama-sama bangun Maluku.

Itu merupakan salah satu tujuan mulianya, membantu Pangdam XVI/Pattimura memberikan yang terbaik bagi Maluku tanah tumpah daerah tercinta. Selain itu Danrem juga akan bantu Pemerintah Provinsi Maluku dibawah kepemimpinan mantan Kakor Brimob Polri, Murad Ismail. “Mari katong sama-sama menghidupkan kembali budaya Maluku yang mulai terkikis,”ujar Danrem.

Dalam kesempatan kali ini Danrem menggelar silaturahmi dengan para Latupati, Senin (24/8/2020). Dimana dalam pelaksanaannya saling meminta saran dan masukan dari mereka. sebab merekalah yang paham akan kearifan lokal sesuai daerahnya masing-masing. Danrem mengatakan orang Maluku harus bertanggung jawab atas pelihara adat dan pemangku adat mesti menjadi garda terdepan.

Danrem berharap para raja dapat menjadi patner kerja dalam mengembalikan dan melestarikan kearifan lokal yang ada, dengan tujuan bagi generasi penerus dapat mengetahui adat masing-masing daerah. Agar tercipta kerukunan sebagai anak daerah Maluku.

Loading...

Silaturahmi ini bertujuan sama memiliki satu konsep, yakni penyelesaian masalah dengan libatkan raja-raja mempersatukan orang basudara melalui adat. Yang diistilahkan sagu salempeng dipata dua, hidup ade dengan Kaka harus manis laeng sayang laeng. “Itulah yang saya inginkan, semua semua harus terus terpelihara ditanah datuk-datuk ini,” kata Danrem.

Ketua Umum Latupati Maluku, H Ibrahim MH Wokas Raja Negeri Ureng memberikan apresisasi kepada Danrem 151 Binaiya. “Kami yang hadir dipertemuan memberikan apresiasi kepada Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, Danrem 151 Binaiya, beliau memiliki perhatian dan kepedulian besar terhadap kearifan lokal dan adat di Maluku,” ungkap Ibrahim.

Ia juga mengatakan sangat bersyukur kepada Kasad yang sudah pulangkan putra daerah bangun negeri. “Kami para Latupati bangga dan akan bersama sama Danrem hidupkan kembali kearifan lokal demi cucu kedepan. Adat di Maluku kalau tidak ada yang peduli maka akan punah ditelan perkembangan jaman,” kata Ibrahim.

Untuk itu karena Korem 151/ Binaiya bagian dari Pemerintah, maka Latupati Maluku akan satukan tekad bersama hidupkan kearifan. Latupati juga akan mempertahan adat silaturahmi dengan Danrem. “Hidupkan kembali kearifan lokal di Maluku, tradisi nenek moyang yang sudah diberikan untuk dilestarikan sepanjang masa,” jelas Ibrahim.

Turut hadir dalam silaturahmi ini Sekretaris Latupati Maluku, Frangky Nikijuluw dari Ulath, Sefnat Ferdinandus dari Haruku, Marthen Sunat dari Aboru dan Moses Desa Laturake Kecamatan Taniwel SBB. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *