Dari 7.227 Pengungsi Gempa Malteng, Sebagian Mulai Kembali ke Rumah

by
Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal menijau lokasi gempa di pantai wilayah Tehoru, Kamis (17/6/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Sempat bermalam di daerah ketinggian pasca gempabumi magnetudo 6,1 pada Rabu (16/6/2021), ribuan warga di empat wilayah terdampak mulai kembali lagi ke rumah, sejak Kamis (17/6/2021) pagi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), mencatat sebanyak 7.227 jiwa mengungsi akibat gempa. Ribuan pengungsi tersebar di Negeri Saunulu, Yaputi, Tehoru dan Haya Kecamatan Tehoru.

“Jumlah pengungsi 7.227 jiwa. Data ini tercatat kemarin. Sekarang sebagian sudah kembali,” kata Kepala BPBD Malteng Abdul Latif Key kepada Terasmaluku.com Kamis (17/6/2021) siang.

Latif mengaku, sebagian warga juga mulai kembali setelah pihaknya bersama Bupati Malteng Abua Tuasikal, datang memberikan pemahaman terkait kondisi saat ini yang mulai aman berdasarkan informasi dari BMKG Ambon.

“Tadi kami bersama Bupati mengunjungi pengungsi, dan masyarakat sebagian sudah kembali, kita memberikan pemahaman,” terangnya.

Untuk diketahui, gempabumi mengguncang daerah tersebut dan sekitarnya pada Rabu (16/6/2021) pukul 13.43 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi berkekuatan 6,1 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 6,0 SR.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,42 LS ; 129,57 BT, atau tepatnya berlokasi di pantai (batas darat dan laut) pada jarak 69 km arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, dengan kedalaman 19 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi, jenisnya dangkal. Ini akibat aktifitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (Normal Fault).

Guncangan gempabumi dirasakan di Tehoru, Masohi, Bula, Kairatu, Saparua, Wahai III – IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh banyak orang dalam rumah), getaran juga terasa di Pulau Ambon. (HUS)