Dari 7 Armada Kapal Perintis Layari Perairan Maluku, 4 Sudah Beroperasi

by
Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff. Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pasca kembali diizinkan berlayar setelah diparkir akibat PPKM, 4 dari 7 armada kapal perintis PT. Pelni Persero yang layari perairan Maluku sudah kembali beroperasi.

BACA JUGA : KABAR BAIK Kapal Perintis di Maluku Kembali Beroperasi

Kapal perintis yang layari perairan Maluku ini yaitu 5 kapal homebase di Ambon yakni KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 103, Sanus 87, Sanus 71, Sanus 106 dan Sanus 107.

Sedangkan homebase di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar KM. Sanus 72 dan Ternate, Provinsi Maluku Utara KM. Sanus 105.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff menjelaskan, satu kapal diantaranya KM. Sanus 107 kini dalam persiapan untuk berlayar menyusul 4 kapal yang sudah lebih dulu beroperasi.

JAdwal Kapal Perintis Sabuk Nusantara September 2021. Foto : PT. Pelni Cabang Ambon

“Sudah jalan 4 Sabuk 105, 71, 87 dan 72. Satu lagi Sabuk 107 menunggu jalan, izinya sudah keluar,”terangnya saat diwawancarai di kantor PT. Pelni Cabang Ambon, Rabu (1/9/2021).

Sementara dua kapal lainnya, Sabuk 103 dan 106 belum bisa beroperasi karena docking. “Sabuk 103 dock per 1 September dan Sanus 104 per tanggal 4 September docking. Setelah turun Docking baru siap operasi,”sambungnya.

Sejak kembali dioperasikan lagi, kata Assagaff menambahkan, arus penumpang terbilang normal.

“Saya anggap normal, 75 persenlah. Karena kan ada kapal-kapal tertentu yang peminatnya banyak dan ada beebrapa kapal yang walaupun keadaan normal tapi peminatnya sedikit karena mungkin banyak kapal yang jalur ke sana ada saingan kapal dari swasta juga,”tandasnya. (Ruzady)