Dari Pelantikan Kepala Soa Tomnusa, Wabup Minta Adat Bursel Terus Dijaga

Dari Pelantikan Kepala Soa Tomnusa, Wabup Minta Adat Bursel Terus Dijaga

SHARE
Dari kanan Wakil Bupati Bursel Ayub Saleky, istri Kepala Soa Tomanusa, dan Kepala Soa Tomanusa, Nikson Tomanusa befoto setelah dilantik oleh petua adat di Dusun Kawalale Desa Namrinat Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Jumat, (30/11/2018). FOTO : FIK (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Kepala Soa Tomanusa, Nikson Tomanusa dilantik oleh petua adat yang berlangsung di Dusun Kawalale Desa Namrinat Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Jumat, (30/11/2018).

Pelantikan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Bursel Ayub Saleky dan pejabat lainnya. Saleky mengungkapkan  proses pelantikan ini merupakan sebuah pranata adat yang harus dihormati, dijaga dan dipertahankan sebagai sebuah kearifan lokal di masyarakat Kabupaten Bursel.

“Adat harus dapat dijaga dan dipertahankan agar tidak hilang dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Karena adat merupakan warisan para leluhur yang sudah ada ribuan tahun yang lalu. Adat dan budaya juga perlu dilestarikan agar tidak terhempas dalam kehidupan teknologi dan informasi yang berkembang sekarang ini,” kata Saleky.

Untuk itu Wabup Bursel  berharap para pemangku adat, terutama Kepala Soa di Bursel  dapat menjadi motor penggerak dalam membangun dan melestraikan nilai dan tatanan adat, sekaligus menjadi panutan dan pengayom masyarakat adat itu sendiri. Saleky juga mengungkapkan, pemangku adat senantiasa menjadi mitra strategis pemerintah daerah, terkhusus pemerintah desa dalam rangka mendorong dan berpartiasipasi aktif dalam proses pembangunan di masyarakat.

Sebelumnya Kepala Desa Namrinat, Viktor Tomnusa mengapresiasi proses pelantikan Kepala Soa Tomnusa. Ia berharap dengan pelantikan ini  dapat memperkuat tatanan adat di Bursel, khususnya Marga Tomnusa. “Sebagai Kepala Desa Namrinat tentunya kita akan membangun kemitraan yang baik dengan pemangku adat dalam proses proses pembangunan di desa,” kata Viktor.

Viktor juga berharap kepada Wabup  agar memperhatikan insentif para tokoh adat di Bursel agar dapat dinaikan, karena menurutnya setiap tahun bukannya naik namun mengalami penurunan. (FIK)

loading...