Dari Surga Kecil Bernama Banda Neira, Bangunan Sejarah “Istana Mini” Masuk Nominasi API Award 2021

by
ISTANA MINI BANDA NEIRA. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bangunan sejarah Istana Mini Banda Neira di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah masuk nominasi Ajang Pesona Indonesia Award Tahun 2021.

Bangunan bekas kantor pemerintahan VOC sekaligus saksi bisu masa penjajahan Kolonial Belanda ini merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan sejarah di Pulau Banda dan selalu dikunjungi wisatawan saat mengunjungi surga kecil di Timur Indonesia yang terkenal dengan rempah pala ini.

Sekedar tahu, API Award sendiri merupakan ajang bergengsi apresiasi pariwisata skala nasional dan terbesar di Indonesia meliputi keindahan alam, keunikan atraksi budaya, keberagaman tradisi kehidupan kampung adat, kelezatan kuliner tradisional yang menggoda selera, hingga jejak jalur peninggalan sejarah.

“Iya, begitu. Banda Neira ada (Istana Mini), untuk kategori Situs Sejarah,”ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marcus J. Pattinama saat diwawancarai Selasa (6/7/2021) di Ambon.

Selain Istana Mini Banda Neira, lanjut Pattinama, ada 11 item yang terdiri dari keindahan alam, keunikan atraksi budaya, keberagaman tradisi kehidupan kampung adat, kelezatan kuliner tradisional yang menggoda selera yang diajukan Dispar Maluku dalam API Award 2021 ini. “Ada 12 (termasuk Istana Mini Banda) yang kita usulkan, yang jelas semua kabupaten/kota ada,”sambungnya

Diantaranya Rujak Natsepa juga dari Maluku Tengah untuk kategori Makanan Tradisional, kategori promosi digital www.ngurbloat.com dari Kabupaten dan Ohoi Letman di Maluku Tenggara untuk kategori Wisata Air.

Pulau Osi. Foto : Dinas Pariwisata Provinsi Maluku

Selanjutnya The Spice Islands Maluku dari Provinsi Maluku untuk kategori Brand Pariwisata, Pulau Osi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) untuk kategori Ekowisata, Siwang Paradise di Kota Ambon untuk kategori Dataran Tinggi dan Sound of Green juga dari Ambon untuk kategori Atraksi Budaya.