Data 19.269 Pelaku Usaha Mikro di Maluku Sudah Dikirim ke Kementerian Untuk Dapat BLT 2,4 Juta

by
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Muhammad Nasir Kilkoda menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan data jumlah pelaku usaha mikro di Maluku kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk bisa mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp. 2,4 Juta perorang.

Data yang sudah dikirimkan ke Kementerian Koperasi dan UKM lanjut Kilkoda untuk Maluku ada 19.269 pelaku usaha mikro.

Namun, yang sudah tercover dan dipastikan mendapatkan bantuan senilai Rp. 2,4 Juta yang gelontorkan Pemerintah Pusat untuk tahun ini sebanyak 6.892 pelaku usaha mikro di Maluku.

Terbanyak merupakan pelaku usaha dari Kota Ambon dan Maluku Tengah yang memang mayoritas penduduknya banyak.

Saat ini lanjut Kilkoda, pihaknya provinsi tengah turun lapangan lagi untuk lakukan verifikasi data ke kabupaten/kota guna mencocokan data alamat, nama serta NIK hingga jenis usaha dari pelaku usaha mikro.

Loading...

“Sekarang Dinas Provinsi diminta juga untuk lakukan verifikasi data, karena data ini yang update dari kabupaten/kota karena harus sesuai data yang tercantum di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,”ungkapnya saat dikonfirmasi via seluler Selasa (29/9/2020).

Karena persoalan yang banyak ditemui adalah kekeliriuan data pelaku usaha seperti alamat, NIK dan nama hingga penulisan nama jenis usaha yang tidak lengkap sehingga sebabkan banyak pelaku usaha belum menerima bantuan ini.

Para pelaku usaha mikro ini lanjut Kilkoda, mendapatkan bantuan ini hanya sekali saja dan penyalurannya melalui Bank Pelat Merah milik pemerintah yakni BRI dan BNI.

Namun tidak dipungkrinya, ada sebagian pelaku usaha sudah mendapatkan bantuan ini karena dicover langsung oleh Bank. Apalagi Bank juga memiliki data terkait pelaku usaha mikro. “Yang belum dapat tahun ini, harap bersabar karena bantuan ini akan berlangsung sampai 2021,”tandasnya. (RUZADY ADJIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *