Datangi DPRD Ambon, Pedagang Jalan Jenderal Sudirman Tolak Penggusuran

by
Perwakilan pedagang Jalan Jenderal Sudirman Galunggung Ambon diterima anggota Komisi III DPRD Kota Ambon di ruang paripurna DPRD, Kamis (16/8/2018). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan pedagang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman kawasan Galunggung Kota Ambon mendatangi DPRD Kota Ambon, Kamis (16/8/2018). Pedagang menolak rencana pembongkaran lapak oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Sebelumnya, Pemkot Ambon melayangkan surat peringatan untuk penggusuran kepada pedagang di kawasan jalan tersebut. Pemkot menyebutkan keberadaan lapak pedangan sangat kumuh dan wilayah itu masuk jalur hijau. Namun mereka menolak untuk dibongkar.

Loading…

Kedatangan pedagang diterima langsung Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon Yusuf Wally dan anggota DPRD Kota Ambon, Riduan Hasan, Ahmad Ohorela, Morist Tamaela dan Jhoni Wattimena. Pedagang menggelar pertemuan dengan para wakil rakyat itu di ruang rapat paripurna.

Koordinator pedagang Jalan Jenderal Sudirman Mansur mengatakan kedatangan mereka ke DPRD agar dewan memediasi dengan Pemkot atas rencana pembongkaran. “Kedatangan kita di sini untuk meminta pemerintah agar tidak membongkar lapak yang ada, tapi harus menata agar tidak terlihat kumuh. Kami minta anggota dewan memperjuangkan aspirasi kami,” kata Mansur.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon Yusuf Wally mengatakan, setelah melakukan pertemuan dengan pihak Pemkot Ambon, Komisi III meminta menunda pembongkaran sampai mendapatkan solusi yang terbaik bagi pedagang di Jalan Jenderal Sudirman tersebut. “Kita sudah minta kepada Pemerintah Kota Ambon dan Satpol PP untuk menunda pembongkaran sampai mendapatkan solusi terhadap para pedagang tersebut,” kata Yusuf.

Yusuf mengatakan, jika Pemkot hendak melakukan penertiban maupun penataan harus dilakukan dengan cara yang baik.”Kita minta dari satpol PP untuk rapat juga untuk sosialisasi membicarakan dengan masyarakat,” katanya. (IAN)