David Sitanala, Pembalap Muda Maluku Berjaya di Formula 4 China

by
David Sitanala dengan tropi usai balapan pertama diajang FIA Formula 4 China 2017 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Zhuhai Sabtu (22/4). FOTO : Diambil dari akun FB David

DAVID Juliano Sitanala, pembalap muda Indonesia asal Maluku langsung berjaya pada balapan pertama diajang FIA Formula 4 China 2017 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Zhuhai pada Sabtu (22/4).

Pembalap berusia 17 tahun ini berhasil menyelesaikan balapan 10 putaran dan mencapai finis di urutan ketiga. David langsung naik podium dan mengangkat tropi juara ketiga. Hasil yang diraih David sangat fantastis karena ia memulai balapan dari posisi start ke sembilan.

Ia bertarung dengan pembalap internasional dari sejumlah negara lainnya. Dan mencapai finis di belakang dua pembalap tuan rumah, yakni Charles Leong (15) dan Charles Lin (17).  Saat kualifikasi, posisi David memang kurang menguntungkan. Ia sempat Nervouse banget karena ini merupakan balapan pertama.

Semua hafalan dan teknik yang diperole David saat latihan hilang sehingga membuat posisinya tidak bagus. Saat latihan, catatan David memang masuk kategori bagus. Namun, saat kualifikasi, hasil yang dicapai David, yang memulai karir balap diusia 10 tahun ini justru lebih buruk.

Namun saat balapan, David mampu bangkit dan mencapai finis di urutan ketiga. “Terima kasih banyak untuk seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Maluku, masyarakat Indonesia khususnya Maluku dan seluruh teman- teman media yang telah mendukung saya di balapan FIA Formula 4 di China kemarin,” demikian status David di akun facebooknya.

Loading...

“Seperti janji saya untuk teman – teman media dan seluruh jajaran staf Pemerintah Provinsi pada waktu itu, inilah dua piala kebanggaan yang saya telah janjikan untuk Indonesia dan Maluku,”lanjut David di akunnya.

David tidak hanya balap, tapi dia juga memiliki tugas, mempromosikan pariwisata Maluku. Mobil balap David dengan sponsor utama Pemprov Mauku. Mobilnya terdapat logo Pemprov Maluku dan bertuliskan Visit Maluku.

David memulai karir balap diusia 10 tahun. Prestasi gemilang dimulai tahun 2014 dengan meraih juara kelas junior Indonesia Rotax Max Challenge dan runer up Asia Max Challenge. Selain itu beberapa prestasi ciamik juga diperoleh David selama berkompetisi di ajang Gokart nasional dan Asia.

Mulai dari The Best National Junior Max Kart Driver IMI Award 2014, dan The Best International Junior Max Kart Driver dari IMI dan FIA di tahun yang sama. David juga mendapatkan penghargaan dari Menpora pada 2014, atas kesertaannya sebagai wakil Indonesia di kategori Junior Max pada kejuaraan dunia Grand Final Rotax 2014 di Valencia, Spanyol. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *