David Sitanala, Pembalap Muda Maluku Siap Bertarung di Ajang Formula 4 China

by
David Sitanala, mengangkat piala usai jumpa wartawan di Ambon, Jumat (27/1).

AMBON- Pembalap muda asal  Maluku David Sitanala, yang prestasinya mencuat di arena Gokart Asia  akan melangkah lebih tinggi dengan mengikuti ajang FIA Formula 4 (F4) di China pada musim balap 2017 ini. David menyatakan  siap bertarung di arena F4 bersama pembalap  dunia lainnya dari Eropa, Amerika, Asia dan Australia.  Untuk tampil di ajang balap internasional itu, David yang berusia 17 tahun ini  menyatakan sudah tujuh bulan lalu mempersiapkan segalanya. Dan kini ia siap bertarung.

“Dari tujuh bulan  lalu kami sudah mempersiapkan baik fisik maupun mental, termasuk testing menuju balapan ini. Dan untuk uji coba F4 nanti akan dilakukan di awal Februari bersama dua tim F4, kita akan memberikan yang terbaik di tes uji coba,” kata  Kata David dalam jumpa wartawan di Ambon, Jumat (27/1). Pada kesempatan ini, David didampingi ibunya, managernya, Stanley Iriawan dan Ketua Ikatan Motorsport Indonesia (IMI) Maluku Sandi Wattimena.

Setelah tes uji coba,  David akan mengikuti lomba balapan pertama pada 29  hingga  30 April di Jung Hai China. Ia akan berjuang  memberikan yang terbaik untuk mengarumkan nama Maluku dan Indonesia, mengharumkan Merah Putih. David dan manajemenya juga akan menyesuaikan kondisi medan balapan di China yang memiliki empat musim berbeda dari negara Asia Pasifik lainnya. Dimana awal tahun,  saat balapan pertama,  China mengalami  cuaca  dingin.  David mengakui kondisi  ini menjadi tantangan baginya. “Selama saya balapan belum pernah mendapatkan cuaca seperti ini, tapi ini tantangan yang harus dihadapi,” kata David yang menargetkan mendapat prestasi terbaik di ajang F4 itu.

Saat ini, David tercatat sebagai satu – satunya pembalap Indonesia yang akan bertarung ke F4 di China nanti.  David menyatakan perjuangan untuk bisa sampai ke F4 China atas dukungan penuh Gubernur Maluku Said Assagaff lewat kebijakan anggaran Pemprov Maluku, untuk David. Hal yang sama juga dilakukan  Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae. Karena itulah, Pemprov Maluku akan menjadi sponsor utama bagi David. Mobil balapan David bertuliskan Maluku dan lambang Pemprov Maluku serta ornamen khas Maluku lainnya. Tujuannya  ya itu untuk mempromosikan Maluku ke dunia internasional.

“Perjuangan kami ke tingkat internasional dapat terwujud atas dukungan penuh Gubernur Maluku, Pak  Said Assagaff, dan Ketua DPRD Maluku, kami berterimakasih dan menaruh hormat kepada kedua pejabat daerah ini. Dukungan ini menjadi semangat dan amanah yang harus dibalas dengan prestasi untuk mengarumkan  Maluku di dunia,” kata David.

Loading...

Ia menyadari anggaran yang diusulkan untuk mengikuti lomba selama musim 2017 ini dengan 18 hingga 20 kali balapan di berbagai tempat di China,  termasuk besar yakni sekitar Rp  6 miliar lebih. David mengakui usulan dana tersebut sangat besar, apalagi mengingat Maluku merupakan salah satu provinsi termiskin urutan ke lima. Namun David dan manajemennya terus mencari sponsor lainnya.  “Kami berharap bisa mendapatkan sebagian dana dari  Pemprov Maluku sebelum ajang digelar,” katanya. David tidak hanya mengikuti balapan, tapi ia juga akan mempromosikan Maluku di arena balapan internasional itu.

Stanley menyatakan, David akan melakukan testing pada Februari nanti agar memilih tim yang tepat. David sudah  ditargetkan untuk meraih podium oleh tim manajemennya. Mereka yakin dengan potensi David, semakin banyak  melakukan testing dan fokus maka David akan membuat gebrakan di ajang F4 musim balap ini.

Ketua IMI Maluku Sandi Wattimena menyatakan, IMI  Maluku akan menyurati IMI Pusat, dan Kemenpora  agar mencari sponsor membantu David. Olaraga balapan memang membutuhkan biaya besar, apalagi di tengah kondisi keuangan Maluku dan Indonesia yang terbatas. Namun menurut Sandi,  bukan berarti perjuangan David harus kandas begitu saja.

“David merupakan salah satu kader IMI Maluku yang telah menunjukan prestasinya mendunia. Kami senang dan bangga mengetahui David telah berprestasi dalam usia  mudanya. Dan IMI Maluku akan selalu  mendukung David untuk terus maju untuk mengharumkan nama Maluku di arena internasional. Karena itu kami juga akan menyurati IMI Pusat dan Kemenpora untuk membatu David, selain memang dia sudah didukung Pemprov Maluku,” kata sandi Wattimena.

David memulai karir balap  diusia 10 tahun. Prestasi gemilang dimulai tahun 2014 dengan meraih juara kelas junior Indonesia Rotax Max Challenge dan runer up Asia Max Challenge. Selain itu beberapa prestasi ciamik juga diperoleh David selama berkompetisi di ajang Gokart nasional dan Asia. Mulai dari The Best National Junior Max Kart Driver IMI Award 2014, dan The Best International Junior Max Kart Driver dari IMI dan FIA di tahun yang sama.  David juga mendapatkan penghargaan dari Menpora pada 2014, atas kesertaannya sebagai wakil Indonesia di kategori Junior Max pada kejuaraan dunia Grand  Final Rotax 2014 di Valencia, Spanyol. “Saya tidak akan mengecewakan Pemprov Maluku yang menjadi sponsor saya, Gubernur Maluku, Ketua DPRD Maluku dan tentu masyarakat Maluku dan Indonesia di ajang F4 di China nanti,” katanya. ADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *