Dea Ananda, Anak Brigade Pembawa Bendera Merah Putih Saat Upacara HUT RI di Ambon

by
Tiga anggota Paskibraka Provinsi Maluku berswafoto dengan tenaga kesehatan usai upacara HUT Kemerdekaan ke 76 RI di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (17/8/2021). FOTO : HAMDI TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tiga anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) sukses mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan ke 76 RI di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (17/8/2021).

Ketiganya adalah Charles Efra Efruan dari SMA Negeri 3 Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Burhan Tuarita dari SMA Negeri 3 Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Adalah Dea Ananda Saputri, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Masohi Kabupaten Maluku Tengah menjadi pembawa Bendera Merah Putih saat upacara tersebut.

Anggota Paskibraka mengibarkan Bendera Merah Putih saat upacara HUT Kemerdekaan ke 76 RI di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (17/8/2021).

Dea, siswi Kelas XII MAN ini terpilih sebagai membawa sang saka Merah Putih satu jam sebelum upacara HUT ke 76 Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka. Karena itu, Dea mengaku sempat deg-degan menjalankan tugas sebagai pembawa bendera.

“Saya tidak terpikir sebelumnya membawa bendera. Baru tadi pas masuk ruangan sebelum upacara ditunjuk. Alhamdulillah, senang bahagia, rasa lega semua berjalan dengan lancar. Kami bertiga sukses melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih,” kata Dea saat ditemui di Pattimura Park, komplek Lapangan Merdeka Ambon usai upacara.

Dea menyebutkan, selain persiapan mental dan fisik, tentu juga disertai dengang doa sehingga tugas sebagai pasukan pengibar Bendera Merah Putih berhasil.

Dea adalah anak seorang anggota Korps Brigade Mobil Kepolisian RI atau Brimob Polri, Polda Maluku yang bertugas di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. Ibunya seorang ibu rumah tangga.

Terlahir sebagai anak anggota Polri, putri ketiga dari empat bersaudara ini terbiasa dengan disiplin dan mental yang kuat.

Karena itu, saat masuk pusat pelatihan Paskibraka Tingkat Provinsi Maluku, Dea sudah siap mental, fisik untuk menerima tugas apapun termasuk sebagai pembawa bendera.

Dea mengakui sejak kecil sudah punya cita-cita menjadi anggota Paskibraka. Salah satu yang membuat dia tertarik Paskibraka karena disiplin diri dan mental. Sama seperti yang dia lihat dalam diri ayahnya sebagai anggota Brimob.

“Sejak kecil punya cita-cita menjadi Paskibraka, dan Alhamdulillah masuk Paskibraka tingkat provinsi, itu sebuah kebanggaan,” tutur gadis berhijab ini.

Sukses menjalankan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih bersama dua rekannya, Dea berpesan kepada Paskibraka lainnya dan generasi muda untuk tetap semangat belajar, disiplin tinggi dan berdoa sehingga bisa mencapain impian yang masih panjang.

Dea pun bercita-cita mengikuti jejak ayahnya sebagai anggota Polri. “Setelah ini cita-cita saya mau masuk Akademi Kepolisian, tapi kalau belum rejeki disitu, tes Bintara saja,” kata Dea.

Sementara itu dua rekan Dea, Charles Efra Efruan dan Burhan Tuarita juga bercita-cita masuk AKMIL dan AKPOL. Kedua senang dan bahagia bisa menjalankan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih di langit Kota Ambon.

Editor : Hamdi