Deklarasi Murad -Orno Untuk Rakyat, Melawan Kemiskinan Dihadiri Puluhan Ribu Warga

by
Calon Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan orasi politiknya saat deklarasi bersama Calon Wakil Gubernur Barnabas Orno di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (27/1). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail – Barnabas Orno (Murad- Orno) menggelar deklarasi di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (27/1). Deklarasi pasangan dengan jargon Baileo ini dihadiri puluhan  ribu masyarakat. Warga tidak hanya dari Kota Ambon tapi juga dari pesisir Pulau Ambon, seperti Kecamatan Leihitu, Salahutu dan Leihitu Barat.

Sebelum deklarsi digelar, pasangan Murad-Orno mengikuti  serangkaian  prosesi adat. Murad melakukan proses adat di Negeri Hila Kecamatan Leihitu. Dan Orno mengikuti prosesi adat  dengan masyarakat Maluku Barat Daya (MBD) di Kota Ambon. Di Lapangan Merdeka, Ketua Tim pemenang Murad – Orno, Karel Albert Ralahalu menyampaikan orasi politiknya.

Mantan Gubernur Maluku dua periode ini bertekad menangkan pasangan Baileo ini. Setelah Ralalahu, orasi politik disampaikan seluruh pimpinan Parpol pengusung pasangan Baileo itu.  Setelah itu, Ketua DPW Partai NasDem Maluku  Hamdani Laturua membacakan naskah deklarasi yang ditandatangani oleh seluruh pimpinan Parpol   pengusung tingkat Provinsi Maluku.

Murad  dalam orasi politiknya menegaskan, esensi dari deklarasi Murad – Orno  adalah deklarasi rakyat Maluku untuk melawan kemiskinan dan ketertinggalan. “Esensi deklarasi ini bukan semata-mata karena dua anak asli Maluku, tapi ini deklarasi untuk rakyat Maluku, melawan kemiskinan.Kami bergerak bersama rakyat  membentuk pemerintah baru yang bersih, melayani dan dapat mensejahterakan rakyatnya,” kata Murad.

Ia  minta  masyarakat Maluku untuk bergabung dengan pasangan Baileo, karena menurutnya, pemerintahan baru nanti menenentukan Maluku puluhan tahun mendatang. Dan pilihan warga menentukan masa depan Maluku.  “Saya mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk bergabung dengan kita di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Maluku,” kata Murad.

Loading...
Massa deklarasi Murad – Orno

Deklarasi Murad – Orno juga dimeriahkan sejumlah artis ibukota maupun lokal.  Kehadiran para artis tersebut sekaligus menghibur masyarakat Ambon. Diantara artis ibukota  itu adalah Fildan, juara akademi dandut Asia. Aksi Fildan di atas panggung membuat  massa histeris. Seperti biasa dengan suara merdunya, Fildan dengan ciri khasnya menyanyikan lagu India.

Fildan yang  berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara itu  saat bernyanyi meminta masyarakat Buton yang berada di Maluku mendukung dan menangkan pasangan Murad-Orno dalam Pilkada  Maluku 27 Juni mendatang. Selain Fildan, ada artis lainnya yakni Regina Idol, Camelia Malik, Mulan Jamila, Risky dan Ridho. Ada juga artis lokal asal Maluku Mitha Talahatu, Yopi Latu, dan JP Band.  (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *