Dengan Alat Berat, Bangkai Paus Biru di Buru Dikuburkan

by
Bangkai paus biru yang terdampar di Pantai Jikumarasa Kecamatan Lilialy Kabupaten Buru, Senin (14/1/2019) akhirnya dikuburkan di tepi pantai. Sebua alat berat dikerahkan untuk proses penguburan paus raksasa ini. FOTO : DOK. BKSDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Bangkai seekor paus biru yang mati (Balaenotpera Musculus) akhirnya dikuburkan di Pantai Jikumarasa Kecamatan Lilialy Kabupaten Buru Provinsi Maluku, Senin (14/1/2019). Sebuah alat berat dikerahkan petugas untuk menguburkan Paus Biru dengan panjang 18 meter dan lebar 1.5 meter ini.

Proses penguburan bangkai Paus Biru di Pantai Jikumarasa oleh petugas gabungan.

Proses penguburan bangkai paus yang sudah membusuk ini dihadiri berbagai unsur, seperti Pemerintah Kabupaten Buru, aparat TNI/Polri, petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan, BKSDA Resort Namlea dan warga setempat. Saat penguburan ini, operator alat berat menggali lubang di samping bangkai paus, kemudian memasukannya ke dalam lubang tersebut.

“Bangkai paus biru Senin siang sudah dikuburkan. Petugas mengerahkan satu unit alat berat untuk menguburkan bangkai paus yang sudah membusuk itu,” kata Kepala BKSDA Maluku Mukhtar Amin Ahmadi kepada wartawan di Ambon, Senin siang. Paus biru ini ditemukan mati terdampar di kawasan Pantai Jikumarasa sejak Sabtu (12/1/2019).

Paus ini awalnya ditemukan seorang warga Uyu Umasugi di perairan Pantai Jikumaras dan sempat menghebohkan. Warga yang awalnya mengira bangkai paus itu sebuah kayu batang. Namun setelah dicek ternyata paus. Warga kemudian menarik paus raksaya tersebut ke tepi pantai hingga mati. Belum ada penjelasan pihak terkait darimana dan apa penyebabnya hingga paus biru ini terdampar ke Perairan Pulau Buru. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *