Deteksi Penyakit Kaki  Gajah, Puskesmas Tanah Goyang Ambil Sampel Darah Warga

by
Petugas Puskesmas Tanah Goyang memeriksa sampel darah warga untuk mendeteksi penyakit kaki gajah, Rabu (1/11) malam. FOTO : FADLI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Petugas Puskesmas Tanah Goyang Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengambil  sampel darah warga untuk mendeteksi penyakit kaki Gajah, Rabu (1/11) malam. Petugas Puskesmas mendatangi rumah- rumah warga di Dusun Tanah Goyang   mengambil  sampel darah untuk diperiksa. Ada ratusan warga yang diambil sampel darah.

Petugas Puskesmas Tanah Goyang, Halija Sangaji,  saat melakuakn pengambilan sampel darah warga mengatakan, kegiatan ini untuk memastikan apakah ada masyarakat yang terdeteksi  kaki  gajah atau tidak. Kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari kebijakan Dinas Kesehatan Kabupaten SBB.

“Pengambilan sampel darah ini dilakukan  untuk deteksi dini penyakit kaki gajah. Dengan pemeriksaan darah ini kita bisa ketahui apakah ada warga yang terdeteksi penyakit kaki  gajah atau tidak, kalau ada bisa cepat diambil tindakan. Dan kegiatan ini merupakan perintah dari Dinas  Kesehatan,” kata Halija.

Petugas Puskesmas lainnya,  Farida Loilatu mengatakan, selama ini pihaknya belum pernah mengambil sampel darah terkait kaki gajah. Sehingga belum diketahui apakah ada warga yang terdeteksi kaki gajah atau tidak.

“Pengambilan sampel darah ini baru pertama kali dilakukan. Setelah ini kita periksa darah yang kita ambil, untuk menguji apakah ada warga terdeteksi penyakit kaki gajah atau tidak,” kata Loilatu. Ia berharap tidak ada warga di dusun ini   yang positif terdeteksi kaki gajah. “Kita berdo’a agar kita semua bebas dari penyakit itu, nanti kita periksa darah dulu baru diketahui,” katanya. (FAD)